2/3 Makanan & Minuman Kemasan di Kanada Sudah Tak Murni Lagi

0

JATIMTECH.com – Sebuah analisis lebih dari 40.000 makanan dan minuman kemasan yang umum tersedia di Kanada telah ditemukan sebanyak 66 persen mengandung gula. Termasuk beberapa formula bayi dan produk makanan bayi seperti yoghurt, jus, sereal, dan snack telah setidaknya ditambahkan gula dalam daftar bahan-bahan mereka, menurut penelitian baru dari Ontario Public Health (PHO) dan University of Waterloo.

Diterbitkan di CMAJ, penelitian ini meneliti bahan-bahan dari 40.829 makanan kemasan dan minuman baik yang dijual di supermarket nasional, pengecer, dan kelontong besar di Kanada. Para peneliti mencari 30 macam tambahan gula yang berbeda seperti dekstrosa, sirup jagung tinggi fruktosa, glukosa, fruktosa, dan jus buah konsentrat.

Orang-orang mungkin akan terkejut betapa banyak makanan dan minuman kemasan yang mengandung gula kata Dr Erin Hobin, seorang ilmuwan dalam promosi kesehatan PHO, penyakit kronis dan divisi pencegahan cedera dan seorang penulis di atas kertas. Gula berada di urutan tertinggi dalam produk makanan seperti permen, produk roti manis, dan soda. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa mayoritas produk yang sering dipasarkan ternyata sebagai pilihan yang sehat, seperti granola bar atau yogurt yang mana mencantumkan tambahan gula dalam bahan mereka. Selain itu, hampir setengah dari semua susu formula dan makanan bayi yang mereka teliti juga menambahkan gula sebagai bagian dari bahan-bahan dasarnya.

Makanan dan minuman yang kelebihan gula juga berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan. Namun, ada penelitian yang terbatas merinci jumlah gula yang ditambahkan dalam pasokan makanan di Kanada. Studi ini memberikan gambaran dasar dari gula yang ditambahkan dalam produk kemasan yang biasa ditemukan di toko kelontong. Sejumlah organisasi kesehatan termasuk Organisasi Kesehatan Dunia, Amerika Serikat dan Stroke Foundation of Canada baru-baru ini menganjurkan untuk membatasi asupan gula yang ditambahkan ke lima sampai sepuluh persen dari kalori harian yang dikonsumsi.

Pada saat ini, sangat sulit bagi konsumen untuk mengidentifikasi keberadaan gula yang ditambahkan dalam makanan kemasan. Beberapa fakta yang dapat disimpulkan bahwa 66 persen dari produk makanan kemasan dianalisis mengandung setidaknya tambahan gula dalam daftar bahan mereka; makanan ringan dan sweets sebanyak 12.534 produk diperiksa dan 86 persen yang terdaftar gula setidaknya ada satu tambahan gula; minuman sebanyak 3.161 diperiksa, 78,7 persen tercatat ditambahkan gula; yogurt: 1.003 produk diperiksa, 73,8 persen tercatat ditambahkan gula; susu formula dan produk makanan bayi sebanyak 530 produk diperiksa 47,7 persen tercantum menambahkan gula yang dilansir dari Sciencedaily, Senin (16/11/2017).

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.