3 Fokus Google untuk Kembangkan Youtube Indonesia

Google ingin fokus pada kreator, komunitas, dan mempermudah akses layanan Youtube

0

Semakin populernya Youtube di Indonesia, membuat Google ingin meningkatkan kualitas layanan video streaming itu. Hal ini diungkapkan oleh Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia pada acara pembukaan Youtube Space yang berlokasi di Jakarta (9/3/17).

“Tahun ini di Indonesia, setidaknya ada 100 juta orang mengakses Youtube, tahun depan akan meningkat hingga 150 juta pengguna. Kami memprediksi 2020 pengguna Youtube akan meningkat menjadi 2020,” ungkap Tony di Rumah Maroko ketika membuka Youtube Space.

Lebih lanjut Tony menjelaskan jika pengguna Youtube Indonesia tumbuh sekitar 155% dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah video yang diupload pun meningkat menjadi 278%.

Untuk lebih memikat para pengguna Youtube Indonesia, Tony Kuesgen, pejabat eksekutif tertinggi Google ini mengatakan ingin fokus dalam 3 sisi pengembangan.

Pertama, Youtube ingin fokus mengembangkan para kreator Indonesia. Kedua memperat hubungan dengan komunitas, dan yang terakhir semakin mempermudah akses layanan Youtube.

Untuk pengembangan kreator, Youtube Space menjadi wujud nyata dari komitmen Google.

Youtube Space Jakarta
Youtube Space Jakarta via detikinet

“Youtube Space merupakan fasilitas yang Youtube sediakan untuk para Youtuber untuk membuat video dengan berbagai macam environment. Di Rumah Maroko ada 14 setting, jadi jika kamu food vlogger, entertainment blogger, atau stand up comedian, you can actually have different setting,” terang Shinto Nugroho selaku Head of Public Policy & Goverment Relations Google Indonesia.

Untuk komunitas, Google merilis fitur Mobile Live yang memungkinkan para kreator Youtube untuk menyiarkan video secara langsung dan realtime kepada subscribernya.

Terakhir, fokus untuk penonton Youtube, Google realisasikan dengan fitur offline. Pengguna Youtube bisa mendownload video yang mendukung offline, menyimpannya, dan bisa ditonton meskipun tanpa akses internet.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.