Beberapa hari yang lalu tersiar kabar bahwa salah satu produsen smartphone asal Taiwan, Asus ingin mengakuisisi HTC. Perusahaan Taiwan tersebut dikabarkan tertarik untuk membeli saham HTC. Namun rencana akuisisi Asus atas HTC tersebut ternyata bertepuk sebelah tangan. Pihak HTC membantah keras tentang rumor terkait akuisisi Asus atas HTC.

Dilansir dari PCMag, kabar akuisisi Asus atas HTC mulai mencuat tatkala Chairman Asus, Johnny Shih membuat pernyataan melalui Chief Financial Officer Asus, David Chang. Dia menyebutkan bahwa Johnny Shih selaku pemilik Asus ingin mengakuisisi perusahaan sesama Taiwan, HTC. Dia juga menambahkan bahwa rencana akuisisi Asus atas HTC tidaklah dalam jumlah besar.

Ketertarikan Johnny Shih sebagai pemilik Asus terhadap HTC memang masuk akal. Hal ini dikarenakan saham HTC yang turun hingga 20 persen pada bulan Juni. Walaupun sebenarnya HTC telah berjuang keras untuk dapat bersaing dengan beberapa merek kelas atas, seperti Apple dan Samsung. Melihat kondisi finansial HTC yang sedang terpuruk, adalah hal wajar jika perusahaan lain tertarik untuk mengakuisisi HTC. Apalagi HTC hingga saat ini memiliki brand yang sangat kuat di pasaran. Ditambah dengan kedekatan demografis antara HTC dan Asus, dimana keduanya adalah perusahaan asal Taiwan.

Namun niatan akuisisi HTC atas Asus tak seperti gayung bersambut. Melalui perwakilannya, HTC membuat pernyataan bahwa kabar tersebut tidak benar. Mereka dengan tegas menyangkal berita akuisisi tersebut. Perwakilan HTC itu juga menambahkan bahwa dirinya tidak menghubungi Asustek dan tidak akan mempertimbangkan untuk akuisisi.