BlackBerry membuat pengumuman yang mengejutkan. Seperti dilansir dari PCMag, dikabarkan bahwa produsen handphone asal Amerika Serikat tersebut akan menggunakan operating system Android untuk handset terbarunya. Android OS pada BlackBerry merupakan sebuah kejutan bagi para penggemar Android. Karena biasanya para pengguna Android yang menggunakan layanan BlackBerry Messenger (BBM). Namun apa yang akan dilakukan BlackBerry di waktu yang akan datang merupakan sesuatu yang tidak biasa.

Pada tahun 2013 silam, BlackBerry merilis BBM untuk smartphone Android dan iOS. Terlihat bagaimana salah satu aplikasi andalan BlackBerry yaitu BBM menjadi idola bagi para pengguna smartphone. Dapat dikatakan hampir semua smartphone menyediakan layanan BlackBerry Messenger. Namun banyaknya produk smartphone dari berbagai merek tampaknya membuat handset keluaran Blackberry sendiri kalah bersaing dengan smartphone keluaran terbaru yang menggunakan Android OS. Apalagi banyaknya smartphone murah asal Cina yang merajalela terutama di pasar Indonesia.

Oleh karena itulah perusahaan memutuskan untuk menggunakan Android OS pada BlackBerry. Tujuannya adalah agar handset keluaran terbaru BlackBerry tidak ketinggalan dengan handset perusahaan lainnya yang juga menggunakan Android OS. Walaupun sebenarnya BlackBerry sendiri telah berusaha untuk menyelamatkan handsetnya dengan merilis BlackBerry 10. Namun karena berjubelnya handset baru perusahaan lain yang menggunakan Android OS, serta keterlambatan rilis, akhirnya BlackBerry 10 juga gagal konsumen. Diharapkan dengan adanya Android OS pada BlackBerry dapat memperbaiki nama besar BlackBerry sebagai produsen handset ternama di dunia.