Apa itu Device Manager dan Bagaimana Cara Kerjanya?

0

Saat ini, keamanan dan privacy menjadi satu perhatian tersendiri. Terutama di era global dimana hampir semua hal dan semua orang dapat saling berhubungan melalui teknologi. Salah satu yang menjadi pemicu perhatian tentang isu tersebut ialah ketika berkembang kabar terjadi pembajakan dan pencurian data pribadi pada sebagian besar pengguna smartphone di dunia.

Pengguna smartphone semakin merasa terancam keamanan data pribadinya ketika sebuah lembaga besar pemerintahan Amerika Serikat dikabarkan melakukan pembajakan pada panggilan telepon dan pesan. Bahkan sudah bukan hal yang aneh lagi ketika sebuah perusahaan melakukan pelacakan pada lokasi, hingga kegemaran seseorang demi kepentingan marketing.

Memang beberapa orang bisa saja tak terlalu mempermasalahkan isu pelacakan atau bahkan pencurian data pribadi ini. walau begitu, untuk jaringan yang lebih aman dari tracking atau pembajakan, kini sudah tersedia beberapa platform seperti Samsung KNOX atau Silent Circle.

Tapi seperti banyak hal lain, pelacakan pada smartphone pun memiliki kegunaannya sendiri. Mayoritas msartphone yang ada saat ini dilengkapi dengan fitur GPS dan multiple tracking platforms seperti Wifi dan seluler data yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi pada peta hingga menemukan suatu lokasi. Nah, fitur tracking atau pelacakan ini bisa juga difungsikan untuk mengawasi anak-anak atau bahkan orang tersayang loh. Apa itu Device Manager dan Bagaimana Cara Kerjanya

ADM Tracking

Melakukan pelacakan pada orang tersayang, semisal suami, istri dan anak memang sebenarnya melanggar privacy mereka. Namun bila dilakukan demi mengetahui dan menjaga keamanan mereka?

Smartphone android memiliki fitur Device Manager yang dapat difungsikan sebagai fitur tracking hingga mengetahui keberadaan orang tersayang. Memang sebenarnya aplikasi ini digunakan untuk menemukan kembali smartphone yang hilang, namun fungsi tracking dapat dimaksimalkan untuk mengetahui keberadaan seseorang.

Cara menggunakan aplikasi ini pun mudah, Anda hanya perlu menggunakan akun Google yang sama pada gadget yang ingin Anda lacak. Nah setelah itu, login dengan akun Google tersebut pada Device Manager Web. Selanjutnya Anda tinggal memilih untuk melihat akun dari smartphone android yang mana untuk melihat lokasi.

Namun tentu saja, pada gadget atau smartphone android yang ingin dilacak harus memiliki koneksi internet serta sudah mengatur untuk menampilkan lokasi. Satu lagi yang pasti, ketika ingin melacak lokasi suatu smartphone android milik suami, kekasih, bahkan anak, Anda tentu nya harus mendapat ijin terlebih dulu dari yang bersangkutan.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.