by

Apa Saja Penyebab Dari Alergi kulit

Benjolan, gatal, kemerahan, dan kondisi kulit lainnya sering terjadi, dan penyebabnya mungkin tidak mudah diidentifikasi. Ahli alergi bersertifikat dapat membantu menentukan apakah gejala Anda merupakan akibat dari alergi.

Alergi kulit seperti Kulit merah, bergelombang, gatal dapat menyebabkan iritasi, menyakitkan dan memalukan. Ruam dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk paparan tanaman tertentu (poison ivy, misalnya), reaksi alergi terhadap obat atau makanan.

Penyebab Alergi https://www.generasimaju.co.id/alergianak/artikel/kenali/gejala-alergi-pada-kulit seperti Ruam juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti campak atau cacar air. Eksim dan gatal-gatal, yang keduanya terkait dengan alergi, adalah dua jenis ruam kulit yang paling umum. Jika kondisi kulit Anda adalah akibat dari alergi, ahli alergi dapat mendiagnosis dan mengobati kondisi Anda, sehingga Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya.

Eksim

Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis atopik, menyerang antara 10 dan 20 persen anak-anak dan 1 hingga 3 persen orang dewasa. Gejala umum eksim adalah kulit kering, merah, teriritasi, dan gatal. Kadang-kadang, terutama ketika terinfeksi, kulit mungkin memiliki benjolan kecil berisi cairan yang mengeluarkan cairan bening atau kekuningan. Orang dengan eksim sering memiliki riwayat alergi keluarga.

Hive

Hive (urticaria) adalah benjolan merah atau bekas yang muncul di tubuh. Kondisi ini disebut urtikaria akut jika berlangsung tidak lebih dari enam minggu, dan urtikaria kronis jika bertahan lebih dari enam minggu. Urtikaria akut paling sering disebabkan oleh paparan alergen atau infeksi. Penyebab urtikaria kronis sebagian besar tidak diketahui.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah reaksi yang muncul ketika kulit bersentuhan dengan iritasi atau alergen. Gejalanya dapat berupa ruam, lepuh, gatal, dan terbakar.

Sabun, deterjen cucian, pelembut kain, sampo – atau bahkan paparan air yang berlebihan – semuanya dapat menyebabkan dermatitis kontak. Barang-barang lain yang dapat menyebabkan reaksi adalah logam (seperti nikel, komponen baja tahan karat dan paduan lain yang digunakan untuk membuat perhiasan kostum), perekat, cat kuku, obat topikal, tanaman dan sarung tangan lateks.

Apa Saja Penyebab Dari Alergi kulit?

Terkadang alergen tidak akan menyebabkan reaksi kulit kecuali kulit juga terkena sinar matahari. Kondisi ini disebut dermatitis kontak fotoalergi. Ini dapat terjadi pada produk-produk seperti lotion cukur, tabir surya dan beberapa parfum.

Seperti apa alergi kulit itu? Ada beberapa jenis reaksi alergi kulit yang ditangani oleh ahli alergi.

Eksim (juga biasa disebut dermatitis atopik) biasanya menyebabkan kulit kering dan sensitif. Anda mungkin mengalami bercak gatal merah. Eksim dapat datang dan pergi dari waktu ke waktu, dan flare-up dapat retak, mengalir, dan sangat gatal. Ini sangat gatal dan dapat bervariasi dalam tingkat keparahan dari ringan (hanya kulit kering) ke parah (merah, bersisik, tebal, pecah-pecah dan mengalir)

Hive (juga dikenal sebagai urtikaria) menimbulkan benjolan gatal. Sarang biasanya muncul kemerahan, dan akan “memucat” (atau berubah menjadi putih) di tengah saat ditekan.

Dermatitis kontak biasanya disebabkan oleh paparan alergen atau iritan. Jika Anda memiliki benjolan merah gatal di kulit Anda, terutama di lokasi yang terkena iritasi atau alergen, Anda mungkin mengalami dermatitis kontak.

Jika Anda curiga Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, ahli alergi Anda dapat melakukan pemeriksaan dan melakukan pengujian untuk membantu menentukan penyebab reaksi kulit Anda dan dapat merekomendasikan perawatan untuk membantu meringankan gejala Anda.

Mungkinkah reaksi kulit disebabkan oleh alergi makanan?

Alergi kulit dalam Reaksi terhadap alergen makanan dapat menyebabkan Anda memiliki reaksi kulit seperti gatal-gatal. Ada banyak kemungkinan penyebab gatal-gatal dan ruam, jadi berkonsultasilah dengan ahli alergi Anda untuk menentukan penyebab gejala Anda dan cara pengobatan terbaik.