Meramaikan ajang MWC 2018, Asus resmi meluncurkan seri smartphone andalan terbarunya, Asus Zenfone 5. Diluncurkan dalam tiga varian, Asus Zenfone 5, Zenfone 5Z dan Zenfone 5 Lite memiliki kesamaan rupa namun dengan spesifikasi yang berbeda.

ZenFone 5 dan ZenFone 5Z adalah yang paling mirip di antara ketiganya. Satu-satunya perbedaan yang mencolok antara kedua ponsel ini adalah pilihan prosesor dan memori – Zenfone 5 didukung oleh Qualcomm Snapdragon 636 dengan RAM hingga 6GB dan penyimpanan internal 64GB, sedangkan Asus Zenfone 5Z menampilkan Qualcomm Snapdragon 845 yang baru, dan dilengkapi dengan RAM hingga 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Asus Rilis Zenfone 5, Zenfone 5Z dan Zenfone 5 Lite dengan Spesifikasi yang Disempurnakan
Asus Zenfone 5Z

Yang paling terjangkau dari ketiga perangkat tersebut adalah Asus Zenfone 5 Lite, yang hadir dengan layar full HD 18: 9 inci. Ponsel ini dilengkapi dengan pengaturan dual-kamera di bagian depan dan belakang, dengan pengaturan kamera depan 20 megapiksel + 8 megapiksel, lalu kamera belakang 16 megapiksel + 8 megapiksel. Kedua kamera bisa membidik sudut 120 derajat. Ponsel ini didukung oleh Qualcomm Snapdragon 630 SoC dan memiliki baterai 3.300 mAh.

Asus Rilis Zenfone 5, Zenfone 5Z dan Zenfone 5 Lite dengan Spesifikasi yang Disempurnakan
Asus Zenfone 5 Standar

Fitur utama Asus Zenfone 5 (2018) dan Zenfone 5Z adalah layarnya. Ponsel ini memiliki layar 6,2 inci full HD + dengan notch untuk kamera depan, lubang suara dan sensor. Karena itu, ponsel ini sangat mirip dengan Apple iPhone X. Sedangkan bagian belakang dan samping ponsel mempertahankan bahasa desain Asus. Ponsel ini juga dilengkapi pengaturan dua buah kamera 12MP dari Sony.

Asus Rilis Zenfone 5, Zenfone 5Z dan Zenfone 5 Lite dengan Spesifikasi yang Disempurnakan
Asus Zenfone 5 Lite

Selain itu, Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z juga mampu membuka muka dengan cepat. Terdapat sensor sidik jari di belakang dan dua speaker stereo lima magnet untuk suara yang lebih baik tanpa headset. Asus Zenfone 5 (2018) dan Zenfone 5Z yang baru berjalan di Android Oreo dengan ZenUI versi terbaru.