Baterai biasanya mempunyai struktur yang padat dan keras, namun tidak dengan baterai yang satu ini. Dilansir dari GizMag, saat ini ditemukan sebuah baterai yang memiliki struktur lunak. Baterai lunak ini berbeda dengan baterai biasanya yang memiliki lapisan luar dari aluminium. Baterai lunak ini memiliki lapisan luar (lapisan pembungkus baterai) yang berbahan seperti spon. Uniknya, baterai lunak ini ternyata terbuat dari limbah kayu.

Dikembangkan oleh para ilmuwan dari Swedia Royal Institue of Technology (KTH) dan peneliti dari California Stanford University. Mereka menggunakan CNF (Cellulose Nano Fibril) untuk membuat baterai lunak ini. CNF ini biasanya terdapat pada kayu pulp yang biasa digunakan untuk membuat kertas. Limbah kayu yang telah ditambahkan air ini ditambahkan pada CNF yang lebih kecil. Proses tersebut menghasilkan gel yang kemudian mengering dan beku.

Para peneliti menggunakan bahan aerogel yang memiliki pori yang ringan. Bahan ini menyerupai spon atau busa kasur yang biasa digunakan untuk tidur. Namun bahan ini lebih keras dari busa kasur, tapi ini tidak akan mengurangi tingkat keringanan pada baterai lunak.

Bahan tersebut kemudian diolah dengan tinta elektrik konduktif. Dengan harapan dapat menahan muatan listrik pada baterai lunak ini. Diyakini bahwa baterai lunak berbahan dasar limbah kayu ini memiliki kapsitas menyimpan energiĀ  melebihi baterai keras pada umumnya.