Benarkah Ayam Miliki Kecerdasan, Kepedulian, dan Kompleksitas?

0

JATIMTECH.com – Tahukah sobat bahwa ayam memiliki kepribadian yang berbeda dengan hewan lain dan dapat mengatasi manuver satu dengan lainnya. Kecerdasan seekor ayam ternyata jangan diremehkan kata Lori Marino, ilmuwan senior dari perusahaan Farm Sanctuary dan Pusat Kimmela di Amerika Serikat, yang mengkaji penelitian terbaru tentang psikologi, perilaku, dan emosi dari hewan domestik yang paling banyak di dunia yaitu ayam.

Sebelumnya, para peneliti menganggap bahwa seekor ayam memiliki tingkat kecerdasan rendah dibandingkan dengan hewan lainnya,” kata Marino. Penelitian telah menunjukkan bahwa ayam memiliki beberapa insting yang kuat atau dapat dikatakan memiliki macam-macam rasa. Para peneliti melakukan dengan uji coba pertamanya pada anak ayam yang baru menetas menunjukkan mereka dapat merasakan kekuatan mereka untuk lahir didunia. Mereka juga memiliki sebuah gagasan tentang Ordinality, yang mana mengacu pada kemampuan untuk menempatkan jumlah dalam seri.

Kemudian pada hari ke lima anak ayam disajikan dengan dua set benda dalam jumlah yang berbeda dengan menghilangkan salah satu benda di balik dua layar. Ternyata mereka berhasil melacak mana yang menyembunyikan benda dengan jumlah yang besar. Sungguh mengesankan bukan! Oleh rupanya mereka mampu melakukan aritmatika sederhana dalam bentuk penambahan dan pengurangan.

Ayam juga mampu mengingat lintasan bola tersembunyi hingga 180 detik jika mereka melihat bola bergerak dan sampai satu menit jika perpindahan bola tidak terlihat oleh mereka. Kinerja mereka mirip dengan kebanyakan primata dalam kondisi yang sama. Ayam juga memiliki kontrol diri ketika memilih makanan yang lebih baik. Mereka mampu menilai sendiri posisi mereka di urutan kekuasaan. Kedua karakteristik adalah indikasi dari kesadaran diri. Komunikasi ayam juga cukup kompleks dan terdiri dari repertoar besar tampilan visual yang berbeda dan setidaknya ayam memiliki 24 vokalisasi yang berbeda.

Ayam merasakan interval waktu dan dapat mengantisipasi kejadian di masa depan. Seperti banyak hewan lain, mereka menunjukkan kompleksitas kognitif mereka ketika ditempatkan dalam situasi sosial yang mana mengharuskan mereka untuk memecahkan masalah. Ayam dapat mengalami berbagai emosi negatif dan positif yang kompleks termasuk rasa takut, antisipasi, dan kecemasan. Mereka membuat keputusan berdasarkan apa yang terbaik bagi mereka. Mereka juga memiliki

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.