Benarkah Remaja Dirugikan Karena Penggunaan Layar Digital?

0

JATIMTECH.com – Orang tua dan dokter sama-sama mengkhawatirkan anak-anak mereka tentang efek dari intensitas penggunaan layar digital. Temuan baru yang mana lebih dari 120.000 remaja di Inggris menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan layar digital dengan kesejahteraan. Penelitian ini diterbitkan dalam Psychological Science yaitu sebuah jurnal dari Association for Psychological Science.

Layar digital sekarang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masa kanak-kanak modern. Saat ini telah tercipta generasi yang disebut ‘pribumi digital’ atau seorang momok yang dapat membuang orang-orang muda dari dunia kenakalan secara fisik, kata ilmuwan psikologi Andrew Przybylski dari University of Oxford, peneliti utama studi tersebut.

Temuan mereka menunjukkan bahwa penggunaan layar remaja tidak memiliki hubungan antara kesejahteraan. Przybylski dan penulis Netta Weinstein dari Cardiff University melihat kesenjangan penting antara apa yang orang percaya selama ini tentang efek dari penggunaan layar ponsel dengan temuan penelitian mereka benar-benar menajubkan. Para remaja menyelesaikan laporan diri mereka dan menjawab pertanyaan dengan mengukur berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk terlibat dengan berbagai jenis kegiatan digital, termasuk menonton TV dan media lain, bermain game komputer, menggunakan komputer untuk menjelajahi web, dan menggunakan smartphone untuk kegiatan sosial.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layar digital tidak berbahaya dan bahkan dapat meningkatkan kesejahteraan remaja dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan hubungan sosial dan keterampilan. Hampir 99,9%  dari remaja yang berpartisipasi dilaporkan menghabiskan waktu menggunakan setidaknya satu jenis teknologi digital setiap hari. Para remaja dilaporkan menghabiskan lebih banyak waktu terlibat dalam kegiatan digital pada akhir pekan dan pada hari kerja. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu keseluruhan menggunakan smartphone dibandingkan dengan menonton TV, bermain game, dan menggunakan web.

Pada hari kerja dan akhir pekan, menunjukkan tren yang konsisten dengan hipotesis peneliti mengenai kesejahteraan remaja meningkat yang selaras dengan penggunaan layar digital mereka, sampai titik tertentu. Para peneliti menemukan bahwa, pada hari kerja, kesejahteraan remaja memuncak sekitar 1 jam dan 40 menit dalam bermain video game, sekitar 1 jam 57 menit dalam penggunaan smartphone, sekitar 3 jam dan 41 menit dalam menonton video, dan sekitar 4 jam dan 17 menit dalam penggunaan komputer. Secara bersama-sama, temuan baru menunjukkan bahwa efek dari waktu layar digital mungkin tergantung pada jenis kegiatan digital dan jumlah waktu yang dihabiskan dari kegiatan itu yang dilansir dari Sciencedaily, Jumat (13/01/2017).

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.