by

Berburu Tiket Kereta Api Murah Untuk Liburan

-Traveling-172 views

Ketika Anda ingin berlibur ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh dari kota tempat tinggal, namun tidak ingin mengendarai kendaraan pribadi, salah satu transportasi umum yang bisa digunakan adalah kereta api. Dengan menggunakan kereta api, Anda bisa berlibur dengan tenang dan nyaman. Sampai saat ini ada banyak alasan mengapa kereta api menjadi alat transportasi pilihan di samping bus maupun pesawat, antara lain:

Hemat budget

Ketika Anda lebih memilih menggunakan kereta api sebagai alat transportasi bisa dipastikan biaya yang akan dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan ketika Anda menggunakan pesawat untuk rute tujuan yang hampir sama. Tidak ada biaya tambahan untuk airport tax maupun bagasi yang dimasukkan ke dalam kereta.

Jadwal fleksibel

Umumnya jadwal pemberangkatan kereta lebih bervariasi daripada pemberangkatan pesawat. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sendiri jenis kereta yang akan dinaiki untuk mengantar ke tempat tujuan. Untuk beberapa kota, ada fasilitas tiket go show yang bisa dibeli hanya beberapa jam sebelum keberangkatan, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket kereta.

Beban kelebihan bagasi lebih murah

Berbeda dengan pesawat yang akan menerapkan biaya mahal untuk kelebihan bagasi per kg-nya, kelebihan  bagasi di kereta api tidak dibebani biaya yang terlalu mahal, bahkan di beberapa rute, kelebihan bagasi yang tidak terlalu banyak tidak akan terbeban biaya atau gratis. Namun demikian, Anda tetap harus melihat jumlah barang bawaan agar tidak mengganggu penumpang lain. Terkait bagasi barang bawaan, ada beberapa ketentuan yang diterapkan oleh PT KAI, yaitu:

  1. Untuk koper atau travel bag, dimensi maksimum yang bisa dibawa per penumpang adalah 70x48x30cm dengan berat isian 20kg.
  2. Jika Anda membawa sepeda lipat, kereta bayi, atau kursi roda, akan lebih baik jika Anda mengemasnya dalam bentuk partisi yang lebih mudah diletakkan di area kabin atau penyimpanan barang diatas tempat duduk penumpang.
  3. Beban biaya bagasi untuk setiap kelas kereta berbeda, dimana untuk eksekutif biaya kelebihan bagasi adalah Rp 10.000,00/kg, bisnis Rp 6.000,00/kg, dan ekonomi Rp 2.000,00/kg.
  4. Demi keamanan dan kenyamanan sesama penumpang kereta api, kelebihan bagasi penumpang juga bisa diatasi dengan pembelian tempat duduk ekstra (tempat duduk kosong yang persis ada di sebelah penumpang yang bersangkutan).
  5. Di Dalam kereta api tidak diperbolehkan barang yang mudah meledak atau terbakar, barang yang memiliki bau sangat menyengat, seperti durian, berbagai jenis zat psikotropika atau narkotika, senjata api, senjata tajam, serta hewan peliharaan (anjing, kucing, dan lainnya).

Harga tiket stabil

Ketika Anda memilih menggunakan kereta api, Anda bisa berburu tiket kereta api murah secara langsung maupun online dan dapat dipastikan harganya jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat. Hal ini karena adanya regulasi harga tiket yang sudah ditetapkan oleh PT KAI, sehingga harga tiket di setiap rute tidak akan mudah berubah, seperti tiket pesawat.

Prosedur keberangkatan sederhana

Berbeda dengan sistem penerbangan, dimana sejak masuk ke bandara, Anda harus melalui sistem check in, pemeriksaan bagasi, pemeriksaan thermal/x-ray,dan pemeriksaan lainnya, perjalanan dengan kereta api memiliki prosedur pemberangkatan yang lebih sederhana. Cukup check in dan masuk ke area tunggu stasiun sampai kereta Anda datang.

Fasilitas gerbong memadai

Ketika Anda bepergian dengan kereta api, Anda tidak akan merasa kecewa mengingat kereta saat ini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas memadai, seperti pendingin ruangan, stop kontak untuk charger hp atau alat elektronik lainnya, kamar mandi, selimut, dan bantal tidur. Pada beberapa rute bahkan sudah tersedia gerbong khusus yang menawarkan tempat tidur, sehingga bisa dipastikan Anda nyaman beristirahat selama perjalanan.

Resiko delay minim

Jika dibandingkan dengan pesawat, resiko delay untuk keberangkatan kereta sangat minim. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan agenda di kota tujuan dengan lebih tepat waktu. Dengan beragam keuntungan tersebut, tidak mengherankan jika masyarakat lebih memilih menggunakan kereta api dibandingkan mobil pribadi atau pesawat. Jika Anda ingin mendapatkan tiket promo yang harganya jauh lebih murah daripada harga tiket kereta pada umumnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Memantau promo yang berkaitan dengan ulang tahun KAI

Meski cukup jarang, tidak ada salahnya Anda memantau ulang tahun KAI. Secara umum, berdekatan dengan hari ulang tahun tersebut akan ada promo tiket yang dibagikan kepada masyarakat sejak jauh hari. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tiket di kelas yang diinginkan dengan hanya membayar separuh harga.

  1. Membeli tiket melalui travel fair

Sekarang ini, tidak hanya maskapai penerbangan yang memberikan tiket promo ke beragam daerah pada saat travel fair, PT KAI juga melakukan hal yang sama untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengunjungi travel fair yang digelar di kota Anda untuk mendapatkan promo tiket kereta api.

  • Berlangganan newsletter email website tertentu

Ketika Anda ingin mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau, cobalah untuk berlangganan newsletter yang umumnya terkirim langsung via email. Secara umum, model informasi ini dapat diperoleh ketika Anda menjadi member sebuah website atau mengklik tombol kebutuhan newsletter yang akan dikirimkan secara berkala oleh website pemesanan tiket.

  • Membeli tiket 90 hari sebelum keberangkatan

Apabila Anda ingin mendapatkan tiket kereta yang harganya jauh lebih murah dari harga standar, cobalah untuk melakukan pembelian 90 hari sebelum tanggal keberangkatan langsung di stasiun terdekat maupun melalui website. Tiket yang dijual 90 hari sebelum tanggal keberangkatan umumnya disertai dengan promo yang memungkinkan Anda membeli tiket hanya setengah harga reguler.

  • Membeli melalui agen kereta api

Apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk membeli tiket langsung ke stasiun, Anda bisa mencoba membeli tiket di agen yang menjual tiket kereta dan pesawat. Umumnya agen tersebut memiliki kuota tiket yang bisa dijual ke masyarakat umum.

  • Membeli melalui aplikasi KAI di playstore

Sekarang ini PT KAI sudah mengembangkan aplikasi khusus yang bisa didownload di playstore untuk memudahkan pengguna kereta api dalam memesan tiket sesuai keinginan. Metode pembelian melalui aplikasi tersebut relatif mudah, yang Anda perlu pastikan adalah pada saat mendownload aplikasi, RAM dan ROM smartphone Anda harus memiliki kapasitas ruang simpan yang cukup.

Namun demikian, apapun metode pembelian tiket yang akan Anda lakukan, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti jumlah orang yang akan Anda belikan tiket kereta untuk berangkat bersama dengan Anda, model pembayaran yang paling mudah bagi Anda, jadwal keberangkatan kereta yang dipilih untuk memudahkan segala kegiatan di lokasi tujuan, maupun stasiun tujuan akhir untuk memperkirakan alat transportasi lanjutan ke penginapan atau ke tempat tujuan di kota pemberhentian kereta.