Cara Mengatasi Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

0

Apa jadinya jika Google Play Store tidak bisa dibuka? Tentu saja pengguna android akan kesulitan mencari aplikasi untuk diunduh dan juga termasuk kesulitan untuk update aplikasi yang telah dimiliki. Ya, sebagian orang pengguna androdi memang mengalami masalah Google Play Store tidak bisa dibuka. Lalu, apa yang salah dengan ponsel seperti ini? Apa yang bisa dilakukan agar Google Play Store kembali dibuka?

Jangan panik terlebih dahulu jika Google Play Store gagal dibuka. Tidak perlu juga datang ke jasa servis karena masalah ini tergolong ringan. Langkah yang perlu dilakukan oleh Anda adalah mencoba menghapus cache Google Play Store.

Kemudian, hapus juga data dari Play Store. Jika masih tidak berfungsi, uninstall update Play Store. Bisa jadi justru update Play Store yang menjadi masalahnya. Namun jika tetap tidak berbuah hasil, hapus cache dan data Google Play Service secara berurutan.

Kemudian Anda bisa coba instal Google Play Service terbaru yang tentunya lebih stabil. Dan jika Play Store masih tetap tidak bisa digunakan, cobalah untuk reset akun google ponsel Anda. Hapus akun google yang sudah ada dan masuk kembali dengan akun Anda.

Ada juga kemungkinan lain yang bisa menjadi solusi agar Play Store bisa kembali berfungsi. Kemungkinan yang dimaksud adalah dengan mengaktifkan download manager dipengaturan.

Cara Mengatasi Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Namun, jika tetap tidak berbuah hasil dan telah memastikan semua upaya tadi benar-benar sudah dilakukan maka yang harus Anda lakukan adalah lakukan factory reset.

Jangan lupa simpan dan back up terlebih dahulu data Anda sebelum melakukannya. Untuk ponsel yang sudah di root, ada cara mudah agar Play Store  bisa berfungsi yaitu dengan modifikasi file host di ponsel Anda.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.