Cara Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total

0

Apakah saat ini Anda sedang mengalami masalah smartphone Android mati total? Sebelum memastikan bahwa kerusakan ada di hardware, coba lakukan beberapa cara ini. Mungkin saja kesalahannya bukan terletak pada hardware, tetapi pada software atau sistemnya yang eror. Lakukan pertolongan pertama dengan beberapa hal ini.

1. Charger smartphone selama beberapa menit

Bisa saja HP Android Anda mati karena baterai habis. Pada saat pertama kali dicharger, mungkin tanda baterai mengisi belum muncul. Ini bukan berarti charger tidak masuk. Tunggu selama 10 – 15 menit baru ikon pengisian baterai akan muncul. Setelah tanda pengisian baterai sudah muncul, cobalah untuk menekan tombol power beberapa saat.

2. Lepaskan baterai

Jika cara pertama tidak berhasil, masalahnya mungkin karena smartphone mengalami Bootloap. Coba cabut baterai android dan diamkan beberapa saat agar tidak ada arus listrik yang masuk. Setelah itu pasang kembali. Tekan tombol power.

3. Tekan Tombol Power

Untuk smartphone terbaru dengan jenis baterai tanam, tekan tombol power selama 20 detik. Cara ini akan membuat arus listrik pada android mati. Diamkan beberapa saat, lalu nyalakan kembali.

4. Lakukan factory reset dari Recovery Mode

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total

Jika beberapa cara di atas tetap tidak bisa membuat smartphone nyala kembali. Tidak ada cara lain. Anda harus melakukan factory reset dari recovery mode. Namun, cara ini bisa membuat sebagian data Anda hilang. Caranya, tekan tombol power + volume down atau up, kemudian pilih wipe data dan ok. Terakhir reboot smartphone Anda. Jika cara ini juga gagal, tak ada solusi lain, baiknya bawa ke ahlinya.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.