Cara Mengatasi Touch Screen Android yang Macet

0

Ponsel pintar Android sebagian besar menggunakan layar sentuh. Ponsel minim tombol ini tentunya sangat bergantung pada fitur touchscreen. Jika touchscreennya macet, ponsel Android pun tak bisa digunakan. Ada banyak cara untuk mengaktifkan kembali touchscreen yang bermasalah. Cukup dengan melakukan salah satu dari tiga cara ini.

1. Kalibrasi Android

Fitur ini tertanam di sebagian besar smartphone Android. Fitur ini pada awalnya bergna untuk mencoba touchscreen pada Android apakah layar bisa berfungsi normal atau tidak. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, sensitivitas layar bisa kembali normal. Caranya, masuk ke Setting -> Display -> Calibration. Setelah itu, restart smartphone Anda.

Cara Mengatasi Touch Screen Android yang Macet

2. Bersihkan RAM

Terlalu banyak sampah pada RAM bisa mengurangi sensitivitas layar. Gunakan Cleaner atau TuneUp untuk membersihkan RAM pada Android. Setelah itu, layar Android bisa normal kembali.

3. Restart Ponsel Android

Jika dua hal di atas tidak bisa mengatasi touchscreen yang bermasalah, restart saja smartphone Anda. Setelah itu, lepas baterai, copot SIM dan MicoSD. Bersihkan layar dengan tisu yang dibasahi alkohol. Setelah selesai, pasang kembali semuanya. Setelah itu, nyalakan ponsel kembali.

Jika tiga cara praktis di atas sudah Anda lakukan, tetapi layar smartphone Anda masih eror terus-menerus, segera bawa ke service center terdekat. Mungkin permasalahannya ada di sistem touchscreennya. Jadi, Anda tidak bisa mengatasinya sendiri.

 

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.