by

Cara Verval Ponsel yang Benar Untuk Peserta Didik 2020

Cara Verval Ponsel yang Benar Untuk Peserta Didik 2020 – Beberapa waktu yang lalu, pemerintah menginfokan bahwa akan ada bantuan subsidi kuota internet gratis bagi para pendidik dan juga peserta didik. Tentu saja orang-orang yang termasuk dalam golongan tersebut tidak mau ketinggalan untuk mendapatkannya. Namun, cara mendapatkannya juga ada prosedur yang khusus yakni Verval Ponsel (Verifikasi dan Validasi) nomor ponsel.

Verval ponsel ini perlu dilakukan karena tidak semuanya mendapatkan kuota secara merata. Maksudnya, semuanya tergantung jenis jenjang pendidikan si pendidik dan juga peserta didik. Semua jenis jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan sekolah Islam negeri juga akan kebagian. Sesuai namanya, verifikasi dan validasi ini bertujuan untuk mengkonfirmasi apakah nomor ponsel penerima subsidi kuota adalah benar.

Namun, tidak sedikit pula yang merasa bingung bagaimana cara verval nomor ponsel guru dan siswa yang benar karena mereka banyak yang mengalami kendala saat mengakses. Maka dari itu, dalam artikel ini akan disajikan cara verval ponsel yang benar untuk peserta didik 2020 yang diharapkan membantu para peserta didik untuk berhasil mengakses dan tidak mengalami kendala sama sekali.

Log In ke Laman Kemdikbud

  • Pertama, bukalah aplikasi browser yang Anda gunakan di ponsel Anda, misalnya Google Chrome.
  • Lalu, ketik tautan situs data.kemdikbud.go.id/vervalponsel
  • Setelah lamannya berhasil muncul, klik Log In. Gunakan akun verval PD, PTK, atau SP yang sudah terdaftar di SDM PDPSK Kemdikbud. Namun, jika belum terdaftar, silakan untuk mendaftar terlebih dahulu.
  • Jika mengalami kendala, jangan menyerah untuk terus mencoba karena laman kemdikbud biasanya overload di jam-jam sibuk. Jika ingin terhindar dari overload, Anda disarankan mengaksesnya saat sebelum tidur di mana aksesnya sudah tidak terlalu padat.

Memasukkan Nomor Ponsel

  • Berikutnya Anda akan diarahkan pada tabel atau daftar nama peserta didik yang sudah terdaftar berdasarkan cut off 31 Agustus lalu.
  • Kemudian cari nama peserta didik dan klik icon berwarna biru di bawah kolom “Verifikasi”. Maka Anda baru bisa mengisi bagian nomor ponsel di bagian kotak “Validasi Nomor Ponsel”, dan silakan pilih jenis kepemilikan nomor ponsel tersebut, apakah itu nomor pribadi milik peserta didik, orangtuanya, atau wali, dan sebagainya.
  • Apabila telah selesai, klik “Simpan.”
  • Nah, Anda telah berhasil melakukan cara verval ponsel dengan benar.
  • Namun perlu diingat, jika Anda menemukan nama peserta didik yang tidak bisa diedit atau diverval nomor ponselnya, itu berarti si peserta didik telah mendapatkan bantuan PIP (Program Indonesia Pintar).

Pengajuan dan Cetak

  • Setelah Anda sukses melakukan verval nomor ponsel peserta didik untuk mendapatkan subsidi kuota, langkah selanjutnya adalah mengklik tulisan “Pengajuan” yang terdapat di bagian atas sebelah kanan laman kemdikbud.
  • Lalu klik “Buat SPTJM” jika belum memiliki SPTJM.
  • SPTJM dapat dicetak dengan mengklik tulisan yang di mana terdapat di samping “Pengajuan” yaitu “SPTJM” dan Anda akan mengunduh SPTJM tersebut yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah yang bermaterai.

Jadi itulah beberapa langkah cara verval ponsel yang benar untuk peserta didik 2020 agar mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah dan kemdikbud. Carilah waktu yang sekiranya bukan jam-jam sibuk berinternet agar Anda dapat mengurangi peluang terkendala saat mengakses laman tersebut.

Lihat juga Beragam Aplikasi Whatsapp MOD dengan Tampilan Kece.

News Feed