Pernahkah Anda menonton film science fiction (sci-fi) dimana dalam sebuah adegan kekuatan pikiran bisa mengendalikan semuanya. Salah satu contohnya adalah menggunakan kekuatan pikiran untuk mengendalikan perangkat elektronik, semisal TV. Sangat menyenangkan jika hal tersebut bisa terwujud, Anda bisa memilih channel tanpa remote. Saat ini ada headset iPlayer yang dapat mewujudkan sebagian imajinasi Anda ke dalam dunia nyata.

Headset iPlayer merupakan headset khusus TV yang digunakan untuk aplikasi iPlayer. Headset iPlayer ini mampu memilih channel TV sesuai dengan yang ada di pikiran Anda saat itu. Dengan headset iPlayer, Anda tidak membutuhkan lagi remote TV yang biasa Anda gunakan untuk memindah-mindah channel TV. Cukup dengan memikirkan acara TV apa yang ingin ditonton, headset ini langsung mengubah saluran TV yang dikehendaki.

Dilansir dari BBC dalam sebuah posting blog, BBC telah mengujicoba prototipe headset iPlayer. Mereka mencoba membuat Mind Control TV yang diintegrasikan pada BBC iPlayer app. Dengan electroencephalography (EEG), headset iPlayer dapat membaca gelombang otak penggunanya. Sebuah sensor kecil diletakkan pada dahi pengguna, sementara sensor lainnya melekat di telinga. Perangkat tersebut dapat mengukur aktivitas listrik di otak.

Untuk dapat memilih channel TV melalui kekuatan pikiran, pengguna harus berkonsentrasi di depan layar TV dengan headset iPlayer yang telah terpasang di kepala. Disana terdapat lima channel TV yang dapat berubah-ubah setiap 10 detik. Sementara saluran TV berubah-ubah, Anda bisa melihat pada sisi layar sebelah kiri. Disitu terdapat bar yang menampilkan aktivitas gelombang otak yang terhubung dengan headset iPlayer app. Ketika Anda ingin berhenti pada sebuah acara TV, sensor yang terdapat pada headset iPlayer akan menunjukkan reaksi. Anda akan melihat lampu berwarna hijau sebagai indikasi bahwa channel/program TV tersebut yang ingin ditonton.