JATIMTECH – Para ilmuwan di Israel telah menunjukkan rentetan informasi baru dalam dunia teknologi dengan cara mereka melakukan hack yang membuat PC menjadi data sensitif yang dapat dikodekan dalam suara halus atau bahkan tidak begitu halus berputar dari hard drive kalian.

Mereka menyebutnya dengan istilah DiskFiltration adalah teknik terbaru untuk menunjukkan bahwa PC mampu mendeteksi suara yang dikeluarkan oleh para hacker bahkan komputer yang terputus dari internet. Mordechai Guri, seorang peneliti keamanan dari Ben-Gurion University, mengatakan sebuah celah udara isolasi dianggap ukuran keamanan kedap udara yang dapat mencegah kebocoran data yang dilansir dari Sciencealert, Rabu (17/08/2016).

Setelah komputer terinfeksi DiskFiltration, data yang telah dicuri oleh malware dikodekan dan kemudian diteruskan hanya melalui suara hard drive komputer yang menghasilkan data rahasia, informasi pribadi, catatan keuangan, dan jenis lain dari segala informasi yang disimpan dalam jaringan terisolasi dapat di exfiltrated.

Ini bukan pertama kalinya mereka melakukan percobaan ini yang mana menunjukkan bagaimana kerentanan audio dapat digunakan untuk mengirimkan data. Tim yang telah melakukan penelitian ini pada bulan juni lalu juga telah berhasil membuat PC rentan terhadap suara disebut Fansmitter.

Keterbatasan DiskFiltration yang mirip dengan Fansmitter yaitu kedua pendekatan membutuhkan mesin air gapped dengan kata lain sobat tidak dapat hack PC dengan malware secara langsung tetapi jika komputer terinfeksi dengan cara lain katakanlah karyawan tidak terlalu berhati-hati dengan kunci USB mereka maka setiap data di dalamnya bisa beresiko untuk terkena malware.

Kelemahan lain dalam transmisi data hanya 180 bit per menit yang berarti itu akan mengambil waktu yang lama untuk menyampaikan sejumlah besar data. Tapi kalian bisa mengirimkan hal-hal seperti password dan kunci kriptografi dalam waktu singkat. Itulah mengapa para peneliti berpikir bahwa ini masih merupakan ancaman keamanan bagi sejumlah orang penyimpan data penting setidaknya untuk mesin yang tidak dilengkapi dengan solid state drive yang mana tidak memiliki bagian yang bergerak yang dapat digunakan untuk membuat jenis-jenis suara.