Dosen Universitas Brawijaya Temukan Varietas Baru Jagung Ungu

0

Jika selama ini Anda ketahui jagung hanya berwarna kuning, ternyata varietas baru jagung berwarna ungu telah ditemukan pertama kali di Indonesia oleh salah satu dosen fakultas pertanian, Universitas Brawijaya Malang.

Dikutip dari Agriwarta Online FP UB (20/6/2015), Arifin Noor Sugiharto dosen mata kuliah Pemulian Tanaman telah berhasil menemukan jenis baru jagung yang berwarna ungu dengan metode Mendel. Tentu bukan pekerjaan yang mudah, untuk mendapatkan hasil jagung ungu seutuhnya, Arifin setidaknya telah mengawin-silangkan hingga lebih dari 4.000 kali jagung asal Banyuwangi dengan jagung manis asal Taiwan.

Keberhasilan mengembangkan jenis jagung baru ini ternyata bukan yang pertama Arifin lakukan. Ia sebelumnya telah mendapatkan  6 HPVT (Hak Perlindungan Varietas Tanaman) untuk kategori jagung manis dari tahun 2014.

”Semua varietas yang saya ciptakan sudah dilepas di pasaran. Beberapa di antaranya BIA 3, JM POP, dan LIA,” ujar Arifin yang dilansir Jatimtech dari Agriwarta Online.

Untuk kedepannya, Arifin berencana untuk mengembangkan jagung manis baru berwarna pink. Namun ia menjelaskan, untuk mendapatkan varietas jagung jenis ini lebih sulit dari jagung ungu. Pasalnya dari 1500 jagung yang ia tanam, hanya satu jagung yang memiliki bintil pink, belum lagi kalau si jagung pink ini membawa sifat terminator, tentu tidak bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.