by

Emulator Android Ringan untuk RAM 1GB

Agar bisa menjalankan sebuah aplikasi android pada PC ataupun laptop pada RAM 1 GB pastinya akan memerlukan emulator yang ringan. Mungkin benar sudah banyak pengembang diluar sana untuk emulator android terbaik dengan fitur yang lengkap, Akan tetapi RAM yang diperlukan sebenarnya minimal 2 GB.

Namun kamu tidak usah berkecil hati karena saat ini juga masih ada alternatif emulator lain yang tidak kalah baiknya agar bisa dijalankan pada laptop yang hanya dengan RAM 1 GB saja. Namun, mungkin penggunaannya sebatas  menjalankan sebuah aplikasi serta game yang ringan saja. Karena tidak kuat jika untuk bermain PUBG Mobile ataupun Free Fire.

Namun dalam kesempatan ini saya ingin berikan beberapa rekomendasi emulator android ringan RAM 1 GB yang bisa kamu coba.

1. Emulator YouWave

Emulator YouWawe merupakan salah satu emulator android yang sudah cukup ringan yang dapat dijalankan pada laptop dengan spesifikasi rendah. Sumber daya (Resource) yang dipakai juga tidak terlalu banyak sehingga sistem tidak akan lag, atau bug.

Untuk tampil juga cukup user friendly dengan berbagai fitur yang sangat lumayan lengkap. Dengan emulator ini juga telah support rotating, terdapat volume control, serta file sharing antar komputer dengan emulator. Ada juga versi terbarunya telah menggunakan sistem Android Lollipop namun berbayar.

Kekurangan dari emulator ini yaitu pada versi terbaru emulator ini yang berbayar. Namun kita masih bisa memakai dengan versi 3.31 yang gratis dan juga lumayan ringan.

Spesifikasi untuk bisa menjalankan emulator YouWawe di PC atau laptop:

Menggunakan sistem operasi (Windows Xp, Win 7, Win 8, Win 10,) dengan kapasitas RAM 1 GB,  sumber daya yang disisakan minimal 2 GB, chipset atau CPU yang support dengan teknologi virtualisasi, dilengkapi VGA yang support OpenGL 2.0.

2. Droid4x

Selanjutnya Emulator android yang ringan untuk PC atau laptop RAM 1 GB datang dari Droid4x. Dengan emulator ini termasuk pada jajaran emulator yang sudah populer dan saat ini telah banyak digunakan. Jika kamu punya spesifikasi PC atau laptop yang lumayan, maka emulator ini juga sudah cukup bagus untuk bermain game yang laris di Playstore.

Emulator Droid4x juga memiliki kelebihan dari tampilan yang lebih bagus dan nyaman. Ketika kita install emulator maka sudah dalam keadaan rooted, sehingga kamu tidak usah lagi melakukan rooting secara manual.

Agar bisa mengubah tampilan resolusi kamu juga bisa dilakukan dengan mudah, kamu juga bisa menyesuaikan pada resolusi emulator agar sesuai dengan kebutuhan. Emulator Droid4x juga dapat di jalankan dengan baik di OS Windows ataupun MacOS.

Spesifikasi PC atau laptop untuk menjalankan emulator Droid4x:

Menggunakan OS: Windows Xp, Win 7, Win 8, Win 10 dan MacOS, minimal  RAM: 1 GB, Free space: 2 GB, dengan CPU: dual core yang support teknologi virtualisasi, serta VGA yang support OpenGL 2.0

3. Windroy

Kemudian yang terakhir ada alternatif emulator android untuk RAM 1 GB yang bisa kamu coba yaitu dari Windroy. Karena emulator ini juga lumayan ringan serta stabil. Pada versi terakhir juga sudah menggunakan android pada versi 4.0.3 tips Ice Cream Sandwich.

Namun ada salah satu kekurangan dari emulator ini yaitu tidak dapat terhubung langsung dengan Playstore. Sehingga untuk bisa menginstall aplikasi maka kamu harus mendownload file apk  dahulu secara manual baru kemudian kamu biaa install di emulator tersebut. Meski ada kekurangan namun kelebihannya juga ada yaitu  gratis untuk digunakan karena emulator ini merupakan freeware yang juga bebas digunakan siapa oleh saja.

Spesifikasi PC atau laptop untuk menjalankan Windroy:

Dengan OS: Windows Xp, Win 7, Win 8, Win 10, kemudian RAM: 1 GB, dilengkapi Free space: 2 GB dengan CPU yang support teknologi virtualisasi serta VGA yang support OpenGL 2.0.

News Feed