Facebook Kehilangan Pengguna Remaja Lebih Cepat dari yang Diduga

0

Facebook relatif kalah dibandingkan Snapchat terutama di kalangan remaja. Hal ini disebabkan membludaknya jumlah pengguna Facebook yang berusia matang sehingga menyebabkan anak muda merasa kurang nyaman.

Spekulasi hilangnya pengguna remaja Facebook sudah mengemuka sejak lama. Tapi menurut eMarketer, perusahaan penelitian mengatakan bahwa hilangnya pengguna remaja dari Facebook ternyata terjadi lebih cepat dari yang dibayangkan sebelumnya.

eMarketer memprediksi Facebook bakal kehilangan 3,4% pengguna berusia remaja (12 – 17 tahun) di tahun 2017. Apabila prediksi ini benar, penurunannya lebih besar dibandingkan 2016 lalu yang hanya 1,2 persen.

Pengguna berusia 18 hingga 24 tahun di Amerika Serikat juga diprediksi akan kehilangan minat terhadap Facebook. Menurut eMarketer, pertumbuhan pengguna jejaring sosial raksasaitu di kelompok usia itu akan terhenti maksimal di angka 0,8 persen di tahun 2017.

Secara total, pengguna yang secara aktif menggunakan Facebook setiap bulannya meningkat 2,4 persen menjadi 172,9 juta. Angka yang fokus di Amerika Serikat itu tergolong lebih tinggi dari yang diduga sebelumnya, menyusul semakin banyak pengguna internet berusia matang.

Kendati demikian, Mark selaku pendiri Facebook dan timnya sudah mencium gelagat itu. Sehingga, mereka kemudian memutuskan untuk membeli Instagram dan merebut kembali pengguna yang hilang.

“Facebook beruntung mempunyai jejaring sosial lainnya, yaitu Instagram. Para konsumen korporat atau pengiklan yang enggan memilih Facebook masih bisa menargetkan pengguna muda dengan memasang iklan di Instagram,” kata analis eMarketer, Debra Aho Williamson.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.