Fakta Unik Tawon Empedu

0

JATIMTECH.com – Banyak tawon empedu saat mereka dewasa, mencari tempat untuk bersembunyi di cabang-cabang pohon oak sebelum musim semi. Namun ada juga yang disebut sebagai tawon parasit yang baru ditemukan, disebut Euderus set. Serangga parasit ini diam-diam bertelur di dalam rumah empedu tawon, di mana larva kemudian tumbuh dan mengganti casing pada tubuh tawon empedu.

Para peneliti di Universitas Rice menggambarkan tawon parasit baru ditemukan dalam sebuah makalah yang diterbitkan awal bulan ini. Genus tawon parasit Euderus, bagian kedua dari namanya terinspirasi oleh dewa kejahatan Mesir, yang mana menjebak saudaranya di ruang bawah tanah, membunuhnya, dan dicincang menjadi potongan-potongan kecil. Dengan demikian, para ilmuwan telah menjulikinya sebagai tawon “crypt-kiper”.

Crypt-kiper berjenis perempuan membuat kekacauan pada awal musim semi. Dari sana, larva membuat lubang pelarian yang kecil. Crypt-kiper kemudian memakan organ internal, melalui tubuh dan muncul melalui kepalanya. Namun sampai saat ini para ilmuwan tidak mengerti bagaimana crypt-kiper mampu memanipulasi perilaku tawon empedu setelah mereka menguasai casingnnya.

Lebih lanjut, tim merekam strip tipis kulit kayu di atas kepala tawon empedu setelah mereka mati dan menunggunya. Kemudian mengamatinya dan penelitian menunjukkan bahwa crypt-kiper menggali sendiri rumah mereka saat tawon empedu belum bersarang dan bersiap untuk menanti casing baru yang akan ditempati. Dari sini, para ilmuwan berharap untuk menemukan mekanisme yang digunakan oleh tawon crypt-kiper untuk mengubah perilakunya menjadi sama seperti tawon empedu, mungkin dengan menggunakan scan CAT cabang di berbagai tahap penelitian ini akan menjadi sempurna. Penelitian terbaru tim tentang masalah tersebut diterbitkan hari ini dalam Proceedings of the Royal Society B yang dilansir dari NewAtlas, Rabu (25/01/2017).

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.