Pernahkah untuk mencoba menggunakan ponsel seperti mengirim email,membaca dan mengirim pesan serta mengambil gambar yang diinginkan dengan mata tertutup? VoiceOver milik Apple mampu melakukan hal mustahil tersebut.

Para tunanetra ingin seperti manusia kebanyakan dimana mereka bisa menggunakan ponsel seperti iPhone. Hal ini ditanggapi positif oleh Greg Jozwiak yang merupakan Vice President Apple iPhone dan iOS product Marketing. Seperti yang dilansir Mashable (20/06/2015) bahwa Greg merasakan bagaimana perasaan para tunanetra yang menganggap bahwa iPhone hanya seperti sebuah potongan kaca hitam.

Dengan kenyataan tersebut, pihak Apple akhirnya menampilkan fitur VoiceOver dalam iPhone, iPad dan produk yang terbaru bernama Apple Watch. Berkat fitur tersebut Apple mendapat sebuah penghargaan The Hellen Keller Achievement Award dari Yayasan Amerika untuk penyandang buta pada hari kamis lalu.

Teknologi VoiceOver membuat perangkat iPhone menjadi sebuah perangkat yang mampu berbicara dan membimbing para tunanetra. Fitur ini bisa dinyalakan pada kolom pengaturan. Secara otomatis setiap aplikasi, ikon maupun tindakan akan digambarkan dengan berupa kata-kata. Sehingga boleh dibilang iPhone akan menjadi Smartphone yang cerewet.

Secara singkat, dengan adanya fitur VoiceOver, sebuah potongan kaca yang dianggap oleh para tunanetra kini akan menjadi sebuah perangkat yang bisa digunakan sepenuhnya oleh para penderita gangguan visual.

Lihat cara kerja VoiceOver tersebut disini

www.youtube.com/watch?v=0Xk8tvBRzNg