Jatimtech.com – Para peneliti dari Monash University, Melbourne mengklaim jika mereka telah berhasil menciptakan sebuah perangkat yang bisa menghasilkan hidrogen sebesar 22 persen efisiensi. Perangkat yang mereka ciptakan itu menggunakan tenaga surya. Peneliti dari Melbourne itu berhasil melakukan ujicoba proses fotosintesis buatan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi hidrogen yang dihasilkan dari fotosintesis buatan yang memanfaatkan energi matahari tersebut.

Dilansir dari halaman resmi Monash University (17/8/2015), peneliti mencoba untuk dapat menghasilkan hidrogen dengan biaya yang sangat murah. Untuk dapat melakukan hal tersebut, mereka mencoba untuk memanfaatkan cahaya matahari dengan sebuah perangkat yang mereka ciptakan.

Catatan efisiensi untuk produksi hidrogen bertenaga surya telah terus meningkat selama bertahun-tahun. Bahkan sampai Desember tahun lalu efisiensi solar-driven mencapai rekor hidrogen hanya 12,3 persen. Sehingga rekor baru ini menunjukkan peningkatan 10 persen yang sangat sehat itu dan mengalahkan rekor sebelumnya, yaitu 18 persen.

Pemisahan air menggunakan listrik untuk menghasilkan hidrogen dan oksigen telah menjadi teknik ilmiah yang telah dilakukan selama beberapa dekade. Namun, tingkat dimana hidrogen dapat dihasilkan dengan cara ini belum layak secara komersial. IniĀ  karena tingkat konversi yang relatif rendah dibandingkan dengan biaya energi input. Idealnya, fotosintesis buatan bertenaga surya akan menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan hidrogen sebagai biaya masukan energi secara efektif nol.