Jatimtech.com – Kita semua tahu bahwa mengirimkan pesan secara bertubi-tubi adalah spam. Dikatakan spam karena pesan atau konten yang dikirim tidaklah dikehendaki oleh penerimanya. Bentuk spam sangatlah bermacam-macam, seperti spam pada komentar blog, spam sosial media, spam iklan, dan spam email. Oleh karena itu Google meluncurkan Gmail Postmaster Tools, sebuah tool terbaru dari Google untuk Gmail. Gmail Postmaster Tools diyakini Google dapat digunakan untuk melawan spam pada Gmail, seperti yang dilansir dari Gmailblog (9/7/2015).

Hingga sebelum meluncurkan Gmail Postmaster Tools, Google mengatakan bahwa email spam detector saat ini masih belum sempurna. Masih banyak email spam yang lolos dari deteksi Google dan masuk ke dalam beberapa akun. Walaupun terkadang email penting yang sebenarnya dibutuhkan oleh si calon penerima seringkali masuk ke folder spam. Namun pihak Google mengkonfirmasi bahwa email penting yang masuk ke dalam folder spam hanyalah 0,05 persen, selebihnya masuk ke dalam folder email masuk.

Dengan Gmail Postmaster Tools, Google menjanjikan bahwa email yang masuk bukanlah spam, melainkan email penting. Fitur Gmail Postmaster Tools ini mampu membantu menganalisis email pemilik akun, termasuk data tentang kesalahan pengiriman email, laporan spam, dan reputasi email.

Disebutkan juga bahwa pemilik akun yang ingin menggunakan Gmail Postmaster Tools, mereka harus mendaftar terlebih dahulu. Pengguna Gmail memerlukan nama domain, serta CNAME atau TXT DNS Record untuk mengkonfirmasi kepemilikan.