Google baru saja merilis update software terbaru untuk aplikasi Files Go-nya di Android. Pembaruan ini, meski kecil, menghadirkan fitur penting yang memungkinkan pengguna membackup file mereka ke Google Drive melalui aplikasi Files Go. Selain itu, update juga menambahkan “tambahan fitur kartu SD” dan beberapa perbaikan bug. Menurut changelog, update ini pertama kali dirilis pada 15 Februari 2018.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda perlu masuk ke Unduhan, klik tanda panah di samping file yang ingin Anda backup, lalu klik Back up to Google Drive dan masukkan rincian seperti Judul Dokumen, akun Google pilihan, dan folder pilihan di Google Drive. Pengguna juga harus memasang aplikasi Google Drive di perangkat mereka agar fitur tersebut dapat berfungsi.

Google Files Go Diperkaya Fitur Backup ke Google Drive

Tersedia untuk semua perangkat Android, Files Go diluncurkan pada acara Google For India 2017 di bulan Desember tahun lalu. Aplikasi ini, seperti aplikasi Google Go lainnya, dibuat khusus untuk ponsel pintar dengan penyimpanan bawaan yang rendah dan RAM 1GB atau kurang. Aplikasi ini akan secara default terinstal di semua perangkat Android Oreo (Go edition).

Dalam update terakhir yang diterima bulan lalu, aplikasi Google Files Go mendapat beberapa fitur baru termasuk dukungan untuk tablet Android, tampilan khusus kartu SD, dan opsi “Buka Dengan” baru yang memungkinkan pengguna memilih aplikasi tujuan untuk file yang dipilih.

Sementara itu meskipun peresmiannya telah dilakukan beberapa bulan yang lalu, smartphone yang menjalankan Android Oreo (edisi Go) sampai saat ini belum diluncurkan. Namun, Google menyatakan bakal membuat pengumuman penting di ajang Mobile World 2018 di Barcelona yang dijadwalkan pada akhir bulan ini.