Siapa yang tidak mengenal Jack Ma, beliau adalah pebisnis muda yang sukses mendirikan Alibaba Group yang merupakan e-commerce yang terbesar dan ada di Tiongkok, China. Baru-baru ini, Jack Ma yang hadir di salah satu event yang cukup bergengsi yaitu di World Economic Forum di Davos.

Sebagai seorang yang sudah sukses, Jack Ma sering kali memberikan banyak nasehat kepada masyarakat. Seperti yang dilakukannya pada saat menghadiri acara di atas. Jack Ma memberikan beberapa pesan penting yang ditujukannya untuk kaum muda sebagai cerminan pengalaman hidupnya hingga beliau bisa menjadi orang yang seperti sekarang ini.

Hadi di WEF, Jack Ma Titip Pesan untuk Generasi Muda

Jack Ma menjelaskan cara seharusnya kita menjalani hidup dan belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan untuk menjadi lebih baik. Sebagai anak muda di usia 20 hingga 30 tahun hendaknya berkerja dengan mengikuti seorang pimpinan yang baik dan bergabung pada perusahaan yang baik pula agar bisa belajar banyak hal dengan benar.

Selanjutnya ketika di usia 30 sampai 40 tahun, kita bisa mulai melakukan hal yang ingin dilakukan tanpa takut akan berbuat salah atau mengalami kegagalan. Pada usia selanjutnya, 40-50 tahun kita harus melakukan sesuatu sesuai keahlian yang kita miliki dan barulah di usia 50-60 kita bisa melatih dan mengembangkan generasi masa depan.

Dan di usia 60 nanti bisa menikmati apa yang sudah kita perjuangkan. Jadi tidak perlu terpaku akan kesuksesan yang telah diraih orang lain namun pacu diri untuk lebih berkembang.