Hangouts Chat Resmi Diluncurkan untuk Publik

Hangouts Chat mendukung pesan instan antar pekerja, termasuk percakapan grup. Aplikasi juga memungkinkan pengguna mengintegrasikan widget

0

Google merilis sebuah update ke Hangouts, aplikasi percakapan yang dulu disandingkan dengan Google Plus. Mereka meluncurkan Hangouts Chat ke pengguna global, sebagai aplikasi pecahan dari Hangouts tapi khusus untuk korporasi. Adapun tujuan pembaruan ini adalah agar mereka dapat bersaing dengan Slack dan juga Microsoft Team.

Hangouts Chat mendukung pesan instan antar pekerja, termasuk percakapan grup. Aplikasi juga memungkinkan pengguna mengintegrasikan widget untuk mengakses data dari perangkat lunak korporat lainnya di jendela obrolan.

Google mengumumkan layanan tersebut pada bulan Maret lalu, namun belum tersedia untuk semua pengguna sampai pada hari Kamis kemarin, Google merilisnya ke publik.

Hangouts Chat Resmi Diluncurkan untuk Publik

Hangouts Chat tersedia di Google G Suite, paket perangkat lunak bagi korporat yang mencakup alat pengolah kata dan email, di mana lebih dari 4 juta bisnis secara global membayar sebanyak $25 per pengguna setiap bulannya.

Related Posts
1 of 85

Hangouts, aplikasi induknya diluncurkan sebagai layanan gratis pada tahun 2013. Namun, Google mulai membidik pasar korporat saat perusahaan memperluas usaha penjualan.

Tapi bisnis punya pilihan lain. Aplikasi Slack misalnya sudah mengantongi 50.000 tim berbayar. Sedangkan Microsoft Team menyediakan fungsionalitas serupa dalam paket Office 365-nya, yang juga punya jumlah pelanggan yang besar.

Microsoft memegang sekitar 37 persen, dan Slack sekitar 5 persen, dari pasar global untuk perangkat lunak senilai $2 miliar pada tahun 2016, menurut perusahaan riset IDC.

Versi berbayar Hangouts mendukung percakapan grup dengan maksimal 8.000 peserta. Pesan disimpan tanpa batas waktu secara default, meskipun kontrol granular tersedia.

Perusahaan dapat menghubungkan basis data mereka dengan Hangouts Chat. Misalnya, tim di Google telah mengintegrasikan pelacakan bug, direktori karyawan, dan sistem pendukung TI mereka. Hangouts Chat juga berpasangan dengan Hangouts Meet, perangkat lunak telekonferensi yang diluncurkan Google tahun lalu.