Apakah Google akan membuat hasil pencarian atau hasil penelusuran menjadi lebih menjengkelkan? Tampaknya begitu. Menurut dari sebuah laporan baru yang beredar, Google tengah menguji video putar otomatis di hasil pencarian.

Akan tetapi, tentu saja dengan datangnya pengujian ini, akan ada banyak pengguna yang terganggu dengan kehadirannya. Apakah Anda salah satu diantaranya yang terganggu dengan video putar otomatis tersebut?

Seperti yang dilansir dari laman Ubergizmo, Rabu, 26 Juli 2017, Google sedang mengedepankan video yang diputar secara otomatis di dalam hasil pencarian yang menampilkan video di panel kanan hasil pencarian. Video akan diputar secara otomatis di saat halaman hasil pencarian tersebut berhasil dimuat.

Kemungkinan besar nantinya para pengguna bisa mencari beberapa film atau bahkan mungkin acara TV di hasil pencarian Google dan video yang relevan akan muncul di panel kanan dan akan mulai diputar secara otomatis di saat halaman selesai dimuat.

Seperti yang sudah-sudah terjadi di platform lain, apabila video diputar secara otomatis, maka suara defaultnya dimatikan alias tidak ada. Jadi, untuk menghidupkan suara, pengguna harus mengklik video agar audio bisa aktif.

Pengujian yang dilakukan oleh Google ini sendiri tampaknya terbatas pada pengguna desktop saja untuk saat ini. Untuk di ponsel atau smartphone, kemungkinan harus memerlukan “tap” atau ketukan dari pengguna untuk memulai memutar video tersebut.

Seorang juru bicara Google mengungkap jika memang fitur yang satu ini sedang diuji, bagaimanapun, tak dikonfirmasi secara lebih lanjut apakah memang benar Google akan menerapkannya atau tidak.

“Kami terus melakukan eskperimen dengan cara meningkatkan pengalaman hasil penelusuran untuk pengguna kami. Akan tetapi, saat ini tak ada rencana untuk mengungkapnya,” tutur juru bicara Google.