Kasus kecelakaan yang melibatkan mobil tanpa sopir milik Uber dengan seorang wanita masih terus bergulir dan menjadi perbincangan. Untuk menenangkan publik, Polisi di Arizona, merilis video singkat yang memperlihatkan tabrakan fatal tersebut.

Video, yang diambil dari dalam kendaraan sport Volvo XC90 yang digunakan Uber untuk pengujian, menunjukkan kendaraan melaju di sepanjang jalan yang gelap ketika seorang wanita yang menuntun sepeda tiba-tiba muncul dan tabrakan pun tak terhindarkan. Wanita yang kemudian diketahui bernama Elaine Herzberg itu meninggal karena luka-luka yang dideritanya.

Polisi telah melakukan penyelidikan terkait kasus mobil otonom mematikan yang pertama ini. Uber sendiri memutusukan menangguhkan uji coba mobil otonom di Amerika Utara setelah insiden ini dan regulator keamanan federal sedang melakukan penyelidikan mereka sendiri.

Kecelakaan ini disebut dapat menghambat pengembangan dan pengujian kendaraan tanpa kemudi yang tadinya diharapkan mampu mengemudi lebih baik dari daripada pengemudi manusia.

Rekaman itu juga menunjukkan pemandangan interior kendaraan dan pengemudi. Sopir tampaknya sedang tidak dalam posisi siap dan terlihat teralihkan oleh sesuatu di dashboard sehingga tidak melihat ke arah jalan. Tepat sebelum video berhenti, pengemudi melihat arah jalan dan tiba-tiba terlihat terkejut.

Ini Video Ketika Mobil Otonom Uber Menabrak Pengendara Sepeda Hingga Tewas

Perusahaan termasuk Uber, Waymo dan General Cruise Automation dari Alphabet telah menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menguji teknologi self-driving mereka di Arizona.

Pasca kejadian, banyak warga AS yang mengutuk sikap perusahaan yang memaksakan diri menurunkan teknologi robot bersama dengan manusia di jalanan. Sementara beberapa orang lainnya mempertanyakan mengapa sensor di dalam mobil tak mampu membaca kehadiran Herzberg yang sepertinya berada di kawasan terbuka.