Intel Berjanji Rilis Chip yang Bebas dari Meltdown and Spectre Tahun ini

Chief executive Brian Krzanich sendiri yang mengumumkan rencana tersebut

0

Masalah yang diakibatkan oleh Meltdown dan Spectre terbukti bukanlah kecil. Intel mendapatkan banyak keluhan dan juga sorotan negatif terkait kebocoran tersebut, bahkan dalam beberapa pekan membuat situasi lantai bursa terguncang. Tetapi Intel berjanji di tahun ini bakal mengeluarkan chip terbaru yang terbebas dari Meltdown dan Spectre.

Chief executive Brian Krzanich mengatakan chip baru dipastikan terbebas dari kelemahan perangkat keras yang dijuluki Meltdown and Spectre yang bisa membuat jutaan perangkat komputasi rentan terhadap hacker.

Krzanich mengatakan prosesor Intel Xeon Scalable generasi berikutnya, untuk pusat data awan, dan prosesor Intel Core 8 generasi keenam untuk perangkat konsumen akan siap dikirim pada paruh kedua tahun 2018.

“Saat kami membawa produk baru ini ke pasar, memastikan bahwa mereka memberikan peningkatan kinerja yang diharapkan orang dari kami sangat penting,” kata Krzanich dalam sebuah pernyataan. “Tujuan kami adalah menawarkan tidak hanya kinerja terbaik, tapi juga performa terbaik yang aman.”

Terungkapnya celah Meltdown and Specter merupakan sebuah guncangan untuk dunia komputasi, mendorong serangkaian tuntutan hukum dan menarik keterlibatan kongres agar Intel segera mengatasi masalah ini.

Tak lama setelah itu, Intel bergerak cepat dengan mengeluarkan patch untuk sebagian besar perangkat yang menggunakan chipnya. Tetapi banyak pakar keamanan masih meragukan tambalan tersebut sudah mengatasi celah yang sebenarnya.

Secara terpisah minggu ini, periset keamanan mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka menemukan kekurangan pada chip yang dibuat oleh Advanced Micro Devices, saingan Intel, yang memungkinkan peretas mengambil alih komputer dan jaringan. Jadi yap, Intel punya peluang bagus untuk kembali menarik perhatian dunia lewat produk yang positif.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.