Kunci untuk Pulihkan Rasa Tomat yang Hambar

0

JATIMTECH.com – Apa yang salah dengan tomat supermarket? Banyak konsumen yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rasa. Namun jangan kuatir baru-baru ini para peneliti dari University of Florida memimpin tim global pada misi untuk mengidentifikasi faktor-faktor penting yang mampu memulihkan rasa tomat yang hambar.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, Harry Klee, seorang profesor ilmu hortikultura Institut Ilmu Pangan dan Pertanian, mengidentifikasi kombinasi kimia untuk rasa tomat yang lebih baik. Mereka meneliti untuk memperbaiki rasa yang telah rusak selama setengah abad terakhir untuk mendorong buah tomat menjadi enak kembali, kata Klee. Hal ini menekankan bahwa teknik ini melibatkan genetika klasik dan bukan modifikasi genetik.

Langkah pertama adalah mengetahui dari ratusan bahan kimia dalam tomat. Tomat saat ini adalah buah yang rata-rata kekurangan gula yang cukup dan bahan kimia yang mudah menguap, kata Klee. Namun selama setengah abad ini peternak tidak memiliki alat yang secara rutin mengembalikan rasa tomat seperti dulu. Untuk membantu para petani, peneliti mempelajari apa yang mereka sebut “alel,” versi DNA pada gen tomat yang memberikan ciri-ciri yang spesifik. Klee menyamakan konsep untuk DNA pada manusia. Setiap orang memiliki jumlah yang sama dari gen dalam DNA mereka, tetapi versi tertentu dari setiap gen menentukan sifat-sifat seperti tinggi badan, berat badan, dan warna rambut.

Kami ingin mengidentifikasi mengapa varietas tomat modern kekurangan rasa, kata Klee. Itu karena mereka telah kehilangan alel yang lebih diinginkan dari sejumlah gen. Para ilmuwan kemudian mengidentifikasi lokasi dari alel dalam genom tomat. Itu diperlukan apa yang disebut studi penilaian genome-wide. Para ilmuwan kemudian memetakan gen yang mengontrol sintesis semua bahan kimia penting. Setelah itu mereka menggunakan analisis genetik untuk menggantikan alel yang buruk dalam varietas tomat modern dengan alel yang baik, kata Klee.

AS adalah negara yang kedua setelah China dalam produksi tomat di seluruh dunia, menurut AS Departemen Pertanian. Florida dan California menghasilkan dua-pertiga sampai tiga-perempat dari semua tomat segar pasar yang diproduksi secara komersial di petani AS Florida, menurut penelitian ekonomi UF / IFAS.

Karena pembibitan membutuhkan waktu, dan para ilmuwan sedang mempelajari lima atau lebih gen. Klee mengatakan bahwa studi terbaru mungkin memakan waktu tiga sampai empat tahun untuk menghasilkan varietas tomat yang lebih baik yang dilansir dari Sciencedaily, Kamis (26/01/2017).

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.