by

Langkah-langkah Urutan Mutasi Kendaraan

-Otomatif-91 views

Mutasi kendaraan bermotor  biasanya sering  terjadi terjadi di daerah atau kota manapun . umumnya Mutasi motor mulai dari pengecekan  fisik kendaraan perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor tapi  masih dalam wilayah seluruh indonesia, baik antar kota maupun antar provinsi. Yang lazim kita ketahui cara mutasi motor atau cara mutasi kendaraan  ada 2 jenis, yaitu: mutasi pada 1 daerah dan mutasi lain daerah yang berbeda .proses mutasi melibatkan 2 daerah kantor samsat dan berbeda provinsi tentunya, harus diperlukan prosedur cabut berkas yang kongkret  yang melibatkan aparat Polda setempat.

Umumnya birokrasi di indonesia n identik dengan sesuatu yang ribet,sulit, banyaknya pungli, (calo)dan harus bolak balik tidak cukup 1-2 hari. Sehingga banyak  yang cape dan menyerahkan pengurusan dokumen kendaraan(motor dan mobil) tersebut akhir lebih memilih  kepada biro jasa. Seringkali Mereka malas mengurusnya dan  lebih memilih membayar biro jasa meskipun biayanya  lebih mahal

Kata orang yang pernah mengurus sendiri katanya” jika kita mengetahui cara dan prosesnya, maka mengurus mutasi kendaraan sendiri tidak serumit dan sesulit yang di di fikirkan atau bayangkan,kita juga tidak perlu mahal- mahal  membayar biro jasa. Intinya jika kita mengurus sendiri proses mutasi kendaraan haruslah bersabar mulai dari mengantri .hal yang harus di perhatikan juga yang paling utama adalah kelengkapan berkas yang dibutuhkan saya akan sedikit berbagi tips cara biaya mutasi kendaran bermotor atau mobil,waktu itu saya mengurus kendaraan mobil daihatsu luxio.

Berikut ini langka atau cara  proses dan biaya mutasi kendaraan bermotor tanpa biro jasa (calo) Pastikan  berkas lengkap, kemudian datanglah kantor Samsat tempat menerbitkan BPKB , kemudian lakukan langkah sebagai berikut:

  • STNK asli dan fotocopi rangkap 2
  • BPKB asli dan fotocopi rangkap 2
  • KTP asli pemilik baru (pembeli) dan fotocopi rangkap 2
  • Kuitansi pembelian motor bermaterai RP6.000 dan fotocopi rangkap 2
  • Dan surat keterangan lain yang berkaitan dengan kendaraan bermotor anda.
  1. Cek Fisik Motor,

Ada bagian petugas samsat yang akan menggosok nomor rangka dan nomor mesin motor atau mobil anda, hasil gosokan nomor rangka dan nomor mesin anda diserahkan ke loket,biasanya dilampirkan bersamaan dengan  berkas yang sudah disiapkan dan membayar Rp 20.000 ribu. Kemudian petugas akan memeriksa dan melegalisir (menstample) semua berkasnya.lalu tunggulah 3-5 menit tergantung antrian sampai nama anda  dipanggil oleh petugas loket,dan petugas  mengembalikan semua berkas tersebut untuk di bawah ke tahap selanjutnya.

  1. Pelayanan Mutasi Kendaraan

Setelah semua berkas sudah di ambil, kemudian kita pergi ke  proses mutasi dengan mendatangi bagian pelayanan mutasi kendaraan. Lalu kita ke loket pendaftaran untuk meminta formulir mutasi sekaligus balik nama dan mengisi lembaran formulir tersebut. biasanya tidak jauh dari loket tersebut tersedia formulir yang sudah diisi untuk contohnya ada panduan cara pengisian.Sama seperti langka pertama  petugas di loket ini akan meminta semua berkas Anda yang telah dilegalisir . jika sudah cek oleh petugas dan semua berkas dinyatakan selesai ,,

Apabila kita masih ragu dan  kurang paham segera tanyakan kepada petugas atau bagian informasi. Setelah selesai mengisi formulir secara lengkap, serahkan formulir tersebut kepada petugas setempat untuk dicek kembali. Apabila semua sudah diisi dengan benar tanpa masalah , maka petugas akan memberikan tanda terima pembayaran pendaftaran mutasi motor sejumlah kalau tidak salah mungkin di berbagai tempat samsat provinsi berbeda mulai dari Rp 75.000. setelah membayar dan ambil tanda terima tersebut untuk pengambilan berkas yang biasanya dijadwalkan 7 hari kemudian.

  1. Pengambilan Berkas

Pastikan datang sesuai jadwal, ke kantor Samsat untuk mengambil berkas dan  membawa tanda terima pembayaran mutasi motor jangan sampai ketinggalan untuk mengambil berkas,kemudian kita datang kepelayan  mutasi, lalu serahkan tanda terima dan tunggulah beberapa saat sampai nama kita dipanggil petugas loket.

News Feed