Belakangan kita sangat sering mendengar Apple Music, layanan baru dari Apple yang akan memanjakan pengguna perangkat iOS dengan musik yang bisa didengarkan secara streaming. Soal layanan musik streaming, Google ternyata tak mau kalah terhadap Apple dengan meluncurkan layanan serupa bernama Google Play Music Service.

Ya, Google memanfaatkan aplikasi Play Music yang ada pada perangkat smartphone bersistem operasi Android untuk menyajikan musik streaming. Namun berbeda dengan Apple Music dimana pengguna diharuskan membayar untuk setiap lagu yang didengar, Google Play Music Service bisa didengar secara cuma-cuma. Ini karena Google mendapatkan keuntungan melalui iklan. Dari iklan inilah nantinya Google akan membayar royalti kepada para musisi untuk setiap musik yang didengarkan.

Pun begitu, bukan berarti Google Play Music akan benar-benar bisa kita nikmati secara bebas. Karena Google juga menyediakan layanan berbayar bebas iklan bagi para penikmat musik. Bedanya antara Play Music Service gratis dengan berbayar, layanan gratis Play Music tidak membebaskan kita untuk mencari lagu tertentu dan memutarnya. Kita hanya diberi kebebasan untuk memutar lagu berdasarkan genre, mood dan dekade. Sementara lagu yang diputar akan dipilih oleh Google.

Hal ini berbeda dengan layanan berbayar Google Play Music karena selain bebas iklan, penikmat musik juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur termasuk offline playback, skip track dan berbagai kontrol lainnya yang tidak bisa anda dapatkan dari layanan Play Music Service gratisan.

Meski gratis, namun ternyata layanan Google Play Music dianggap lebih menguntungkan bagi para musisi. Ini bisa dilihat dari terdapatnya lagu-lagu Taylor Swift diantara 30 juta kagalog musik yang tersedia. Padahal, Taylor Swift sebelumnya memang paling anti dengan layanan seperti ini. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di Apple Music maupun Spotify, Taylor Swift tak memberikan restu lagunya dimuat di dua layanan tersebut.

Satu hal yang mengecewakan dari Google Play Music adalah ketersediaannya yang saat ini hanya ada di Amerika Serikat saja. Namun mungkin ketersediaannya akan lebih luas lagi di masa yang akan datang.