by

Makanan yang Bagus untuk Ibu Hamil

Dari data Angka Kecukupan Gizi, selama kehamilan tubuh moms membutuhkan tambahan kalori sekitar 180 kkal per hari di trimester pertama serta 300 kkal per hari pada trimester kedua dan juga ketiga. Dengan didukung pada kebiasaan ataupun pola makan yang sehat, moms juga dapat mencegah peningkatan berat badan yang berlebih, yang bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional serta komplikasi kehamilan hingga persalinan nantinya.

Berikut ini ada beberapa makanan sehat yang tepat untuk dikonsumsi selama kehamilan moms.

1. Memakan Susu dan produk olahan susu

Pada saat kehamilan, moms memerlukan protein tambahan dan kalsium untuk dapat memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Mengkonsumsi Susu dan produk susu mengandung yang dua jenis protein berkualitas tinggi, yaitu kasein serta whey. Karena susu juga memiliki kandungan vitamin B6, sama halnya seperti protein, karena vitamin B6 juga bisa meredakan gejala mual dan muntah selama masa kehamilan. Bukan hanya itu, susu juga memiliki kandungan fosfor, kemudian vitamin B kompleks dan lainnya, serta magnesium yang tinggi.

2. Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Dengan mengkonsumsi Kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium. Dengan mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup dapat melindungi janin dari risiko cacat tabung saraf dan akan terlahir dengan berat badan normal.

3. Ubi

Ubi memiliki kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Pada tubuh, beta-karoten yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan janin serta diferensiasi sebagian besar dari sel dan jaringan pada tubuh moms dan janin. Hal ini juga sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat. Bukan hanya itu, ubi juga memiliki kandungan serat yang dapat menurunkan kadar gula darah, memperlama rasa kenyang, serta memperbaiki kesehatan saluran pencernaan.

4. Ikan salmon

Ikan Salmon adalah bahan makanan yang mengandung sumber omega-3 yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak dan mata pada janin. Kemudian kandungan Asam lemak omega-3, yaitu EPA dan DHA, yang penting dikonsumsi selama kehamilan. Tapi secara umum, moms disarankan untuk bisa membatasi asupan makanan laut setidaknya dalam jangka 2x per minggu saja, ini dikarenakan kandungan merkuri dan kontaminan lainnya yang ada pada makanan laut. Bukan hanya itu, ikan salmon juga merupakan bahan makanan dari sumber vitamin D alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga fungsi imun.

5. Telur

Telur adalah bahan makanan sehat yang sangat penting bagi tubuh. Karena telur mengandung hampir semua nutrisi yang moms butuhkan selama masa kehamilan, kandungan diantaranya adalah kolin, kandungan Kolin dapat membantu memastikan otak dan juga sistem syaraf janin berkembang dengan sehat serta dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf.

6. Air mineral

Meminum air mineral memang sangat penting karena volume darah moms akan meningkat selama masa kehamilan. Karena hidrasi yang kuat dan juga optimal mampu mencegah konstipasi serta infeksi saluran kemih yang sering terjadi pada ibu hamil. Umumnya, moms disarankan untuk minum air minimal 2 liter per hari atau 8 gelas per hari, bahkan juga bisa lebih tergantung kebutuhan masing-masing tubuh individu.

Perlu diingat, apa pun yang moms konsumsi akan mempengaruhi energi dan kesehatan moms, serta tumbuh kembang janin. Wajar sekali untuk moms jika mengalami peningkatan berat badan selama kehamilan, akan tetapi pastikan peningkatan tersebut berasal dari makanan-makanan sehat yang kaya nutrisi dan juga dibarengi dengan vitamin bagus ibu hamil yang banyak juga beredar di pasaran, jika memang moms ragu moms juga bisa konsultasi dengan dokter kandungan terpercaya.

News Feed