Peneliti dari Stanford University sedang mengembangkan sebuah robot berkekuatan dahsyat. Adalah Micro Tug, robot kecil dengan kemampuan luar biasa. Robot ini memiliki kekuatan melebihi kemampuan seekor semut. Seperti yang kita ketahui bahwa semut bisa mengangkat beban melebihi bobot tubuhnya. Jika seekor semut hanya mampu mengangkat beban 50 kali lebih berat dari bobot tubuhnya. Robot Micro Tug ini dapat melakukannya ribuan kali lipat dari kekuatan seekor semut. Micro Tug dapat mengangkat 1.800 kali dari beban tubuh robot itu sendiri.

Dunia robotika memanglah menarik untuk diikuti perkembangannya. Jika selama ini kita mengenal robot humanoid yang memiliki kemampuan seperti manusia. Seperti berlari, berbicara, menulis, atau bahkan robot yang menjadi customer service di sebuah bank di Jepang. Namun seiring dengan perkembangannya, dunia robotika juga merambah ke dunia hewan.

Para ahli robotika juga sudah beberapa kali menciptakan robot dengan kemampuan seperti hewan. Contohnya, robot yang bisa melata seperti ular, berenang layaknya ubur-ubur, bahkan ada robot yang bisa terbang seperti burung. Namun kali ini ahli robotika menciptakan sebuah robot bukan dengan cara hewan tersebut bergerak. Melainkan bagaimana robot tersebut memiliki kemampuan yang sama, bahkan lebih dari kemampuan hewan. Dalam hal ini hewan tersebut adalah semut, yang memiliki kemampuan dalam mengangkat beban.

Robot Micro Tug ini memanfaatkan kekuatan Van Der Walls. Kekuatan yang biasanya terdapat pada seekor semut untuk mengangkat beban dan juga seekor tokek yang dapat memanjat dinding kaca tanpa terjatuh. Artinya, robot Micro Tug ini juga menggunakan perekat untuk dapat menarik beban. Rencananya, robot Micro Tug ini akan ditampilkan pada akhir bulan ini di ICRA 2015 (International Conference on Robotic and Automation).