Dari banyaknya pengumuman yang disampaikan Microsoft di ajang Build 2015 yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat, ada satu pengumuman yang begitu dinanti para pengembang aplikasi. Perusahaan perangkat lunak raksasa ini mengumumkan bahwa pihaknya akan mempermudah developer Android dan iOS untuk membawa aplikasinya ke Windows 10.

Microsoft telah menyiapkan SDK aplikasi Android dan iOS yang mempermudah developer untuk membuat dan membawa aplikasi mereka ke Windows 10. Developer aplikasi Android yang ingin membuat aplikasi untuk Windows 10 bisa menggunakan kode Java C++, sedangkan developer aplikasi iOS yang memang berbasis Objective-C bisa menggunakan tool baru yaitu Visual Studio untuk membuat atau membawa aplikasinya ke Windows 10. Dengan begini, developer bisa teteap menggunakan kemampuan yang dimiliknya saat ini.

Microsoft juga akan mempermudah developer untuk membuat aplikasi Windows 10 berbasis website dan Windows desktop. Saat ini, perusahaan yang berbasis di Redmond ini sedang menyiapkan cara agar aplikasi berbasis Windows Desktop dan website bisa masuk dalam toko aplikasi Windows Store. Untuk aplikasi desktop, developer bisa tetap memanfaatkan NET dan Win32.