NASA Adakan Kompetisi Robotika Bulan Depan!

0

JATIMTECH – NASA, dalam kemitraan dengan Space Center Houston baru-baru ini telah telah membuka pendaftaran untuk sebuah kompetisi Space Robotika Challenge. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan robot humanoid yang membantu astronot dalam perjalanan ke Mars.

Space Robotika Challenge adalah kompetisi yang mengusung hadiah sebesar $ 1.000.000 atau kurang lebih sekitar Rp 13 miliar yang dirancang untuk mendorong batas-batas ketangkasan robot. Tim harus memprogram robot virtual untuk menyelesaikan serangkaian tugas dalam simulasi yang mencakup periode latency untuk mewakili komunikasi dari Bumi ke Mars.

Sayangnya meskipun beberapa ketangkasan telah dikembangkan oleh robotika berbasis sistem earth yang menggunakan hidrolik, robot tersebut tidak dapat digunakan di ruang angkasa karena suhu di bawah titik beku dan lingkungan yang keras dari permukaan planet. Teknologi ini juga bisa menguntungkan manusia di Bumi karena mereka bisa beroperasi di bawah lingkungan yang berbahaya atau ekstrim di planet rumah kalian.

Kompetisi akan diadakan di lingkungan virtual. Setiap tim akan ditantang dengan menyelesaikan tantangan badai debu yang termasuk habitat Mars. Hal ini melibatkan tiga tujuan: menyelaraskan hidangan komunikasi, memperbaiki array surya, dan menyesuaikan habitat.

Kabarnya pendaftaran Robotika telah dimulai saat ini, dengan kualifikasi putaran berjalan dari pertengahan September sampai pertengahan November. Finalis dari putaran yang akan diumumkan pada bulan Desember dan akan terlibat dalam latihan terbuka dari Januari hingga awal Juni 2017. Kompetisi maya final akan diadakan pada bulan Juni 2017 dan pemenang akan diumumkan pada akhir Juni di Space Center Houston. Ayo buruan sobat, ini kesempatan bagi kalian untuk menunjukkan prestasi dalam dunia teknologi lho!

Dengan teknologi yang dihasilkan dari tantangan ini robot bisa berpartisipasi dalam misi pendahulu untuk melakukan pendaratan yang telah dipilih, tiba jauh sebelum astronot untuk menyesuaikan habitat Mars, sistem pendukung kehidupan, komunikasi, dan aparat surya.

Seperti yang dilansir dari Nasa, Rabu (17/08/2016) Program Centennial NASA merupakan bagian dari teknologi ruang angkasa misi Badan Direktorat dan dikelola di NASA Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama. STMD menggunakan tantangan untuk mengumpulkan master yang terbaik dan tercerdas di dalam akademisi, industri, dan pemerintahan. Inovator dari berbagai latar belakang di dalam dan di luar industri kedirgantaraan diundang untuk menjadi kontributor Journey mereka ke Mars. Bagaimana sobat apakah kalian tertarik dalan challenge ini!

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.