Omni Haptic Glove yang Mampu Merasakan Obyek Virtual

0

Tim mahasiswa teknik dari Rice University berhasil menciptakan sebuah sarung tangan yang membantu para gamer merasakan obyek virtual. Alat yang baru saja mereka ciptakan adalah Omni haptic glove. Sarung tangan ini sekilas mirip dengan sarung tangan kiper, namun terdapat lengan sintetis yang berukuran setengah lengan. Dengan sebuah box berwarna hitam yang terletak di bawah pergelangan tangan. Box hitam ini menghubungkan sarung tangan dengan beberapa kabel yang terhubung dengan mesin

Dunia virtual reality memang sedang mengalami kemajuan, terutama setelah beberapa tahun belakangan ini. Namun kebanyakan produk virtual reality ini terkait dengan headset game. Seperti Sony dengan helm virtualnya, atau headset dari Oculus Rift. Produk yang dihasilkan mereka adalah untuk dapat merasakan, atau lebih tepatnya melihat benda-benda yang ada di dalam sebuah game agar terlihat seperti kenyataan. Akan tetapi belum ada produk selain headset yang mampu merasakan obyek virtual secara nyata. Hingga terciptalah alat yang disebut dengan Omni haptic glove oleh mahasiswa dari Universitas Rice, Texas, Amerika Serikat.

Omni haptic glove ini dirancang untuk tangan kanan. Dengan haptic yang terdapat pada ujung-ujung jari, sehingga gamer dapat merasakan obyek virtual dalam game, seperti menyentuhnya secara nyata. Cincin dan jari kelingking memicu tekanan sebagai salah satu dalam prototipe. Pergerakannya yang konsisten membuat gamer lebih leluasa memainkan game dengan sarung tangan ini. Sementara itu,  jari lainnya dan ibu jari dapat menerima sinyal yang terpisah.

Omni haptic glove ini memiliki berat 350 g (12 oz), penciptanya mengatakan bahwa sarung tangan ini cukup ringan untuk digunakan. Saat ini Omni haptic glove memang masih dalam prototipe. Namun mereka sangat yakin untuk mengmbangkan sarung tangan haptic ini menjadi perangkat wearable yang dapat digunakan banyak orang.

Sumber : GizMag

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.