Panasonic baru saja mengumumkan kamera andalan, Lumix G9 sebagai pendamping seri Lumix GH5 yang berfokus pada unsur videografi. Kamera Lumix mirrorless baru ini secara khusus ditujukan untuk fotografer yang membutukan kecepatan dan stabilisasi gambar lima-sumbu dalam bodi yang sudah ditingkatkan. Perusahaan asal Jepang itu akan mulai menjual Lumix G9 pada bulan Januari 2018 dengan label harga body-only sebesar $1.699.

Mirip dengan Lumix GH5 yang diluncurkan di India pada bulan Maret lalu, Panasonic Lumix G9 memiliki sensor gambar Micro Four Thirds 20,3MP dan juga mesin Venus yang mampu mengaktifkan kecepatan burst 60fps dalam mode AF-S (fokus tetap).

Anda juga dapat beralih ke 20fps mode AF-C continue yang menggunakan rana elektronik built-in untuk mengunci objek. Kedua mode ini memungkinkan Anda untuk menangkap hingga 50 gambar RAW atau JPEG. Secara teknis, kemampuan ini sedikit lebih rendah dari Sony A9 atau A7R III yang bisa menangkap lebih dari 200 gambar. Namun, Anda juga telah diberi pilihan untuk menggunakan fitur mekanis dan menangkap hingga 9fps dengan AF aktif terus menerus dan menjepret sampai dengan 600 file JPEG atau 60 RAW.

Kamera Panasonic Lumix G

Panasonic juga melakukan perbaikan di sisi software Lumix G9 dengan menghadirkan mode High Resolution baru yang memungkinkan Anda mendapatkan foto dengan resolusi 80 megapixels dalam format JPEG dan RAW. Teknik ini bekerja dengan cara menggabungkan delapan gambar yang ditangkap saat sensor bergerak untuk memberi hasil lebih baik dari kemampuan asli yang ditawarkan oleh komponen.

Lumix G9 memiliki jendela bidik pembesar elektronik 0,83x beresolusi 3.680k dots. Jendela bidik ini dirancang secara tradisional dengan “zero blackout” bahkan untuk penembakan berkecepatan tinggi. Lumix G9 juga mampu merekam video 4K di 60 fps. Di sisi konektivitas, kamera emiliki bebera pilihan, antara lain Wi-Fi dan Bluetooth 4.2 bersamaan dengan slot pengisian daya USB dan dual SD dengan kompatibilitas penyimpanan UHS-II / V90.