Ini Dia Pandangan Bayi Saat Pertama Kali Mereka Lahir

0

JATIMTECH.com – Tahukah sobat ketika bayi yang baru lahir membuka matanya, mereka tidak melihat dengan baik sama sekali. Para orang tua memperkirankan bahkan bayi mereka mungkin hanya melihat sesuatu bentuk yang kabur baik terang dan gelap. Namun bayi akan mengenali para ibu mereka dan ibu juga bisa melihatnya. Pada awalnya bayi tak bisa melihat apa yang ada di luar jendela. Tapi dalam beberapa bulan, bayi mungkin bisa melihat pohon-pohon di luar yang mana seluruh dunianya datang ke dalam fokus mata.

Ilmuwan UNC School of Medicine telah menemukan petunjuk lebih lanjut tentang apa yang terjadi pada otak bayi ketika mereka mencoba untuk memahami dunia dari sisi visual. Studi pada tikus, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience, merupakan bagian dari proyek yang sedang berlangsung di lab Spencer Smith, PhD, asisten profesor biologi sel dan fisiologi, memetakan fungsi daerah otak yang memainkan peran penting dalam penelitian ini. Fungsi yang tepat dari daerah otak ini mungkin penting untuk pemulihan penglihatan. Ada operasi biologis ini luar biasa yang bermain keluar selama pengembangan kata Smith.

Awalnya, ada program genetik dan jalur kimia dalam sel otak yang mana saat bayi lahir, sirkuit ini secara aktif dibuat ke dalam pengalaman visual. Bahkan superkomputer terbaik dan algoritma terbaru masih belum dapat bersaing dengan kemampuan pemrosesan visual manusia dan hewan. Para peneliti ingin tahu bagaimana saraf sirkuit melakukan hal ini. Sebagian besar visi mereka hanya bekerja mengembalikan fokus visual pada retina dan korteks visual utama kata Smith.

Dalam satu rangkaian percobaan, tim Smith melakukan uji cobanya terhadap tikus dalam keadaan gelap gulita selama beberapa minggu. Bahkan perawatan sehari-hari tikus itu dalam kegelapan dengan bantuan kacamata malam. Menggunakan sistem pencitraan dan metode bedah presisi, Smith dan rekan bisa melihat area-area tertentu dari otak dengan resolusi neuron bertingkat. Mereka menunjukkan bahwa aliran visual yang ventral pada tikus memang datang dengan neuron individu yang menanggapi rangsangan visual tapi tidak dalam aliran dorsal.

Percobaan ini dapat membantu menjelaskan apa yang terjadi di analog manusia dari ventral dan dorsal saat kita bayi, ketika bagian dari visi mereka perlahan-lahan berkembang dan mereka mencoba untuk memahami dunia yang bergerak dalam pandangan bayi selama beberapa bulan pertama setelah kelahiran adalah hal yang unik untuk dipelajari lebih lanjut yang dilansir dari Sciencedaily, Senin (09/01/2017).

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.