by

Panduan Penting Mengikuti Haji yang harus Anda Ketahui

-Keluarga-163 views

Jutaan Muslim dari seluruh dunia berkumpul setiap tahun di Mekah untuk mengantisipasi haji ziarah Muslim, yang mengikuti tindakan Nabi Muhammad 1.377 tahun yang lalu.

Mengambil bagian dalam ziarah setidaknya sekali seumur hidup seseorang adalah kewajiban utama bagi semua Muslim yang mampu secara finansial dalam hal keuangan, dan antara dua dan tiga juta orang berpartisipasi dalam ritual enam hari setiap tahun. Berikut ini adalah rincian langkah-langkah yang termasuk dalam melakukan haji.

Hari 1

Masukkan Ihram (status suci)

  • Ritual pertama haji adalah memasuki ihram negara suci jamaah ketika melintasi batas luar Mekah, yang disebut Miqat. Pada tanggal delapan Dzul Hijjah, jamaah memasuki ihram, yang mensyaratkan mengenakan pakaian biasa dua pakaian tanpa jahitan untuk pria, atau pakaian longgar untuk wanita serta mengikuti aturan-aturan tertentu, seperti tidak menyerah pada kemarahan atau melakukan hubungan seksual aktivitas.
  • Pergilah ke Mina, kota tenda yang luas. Para peziarah kemudian berangkat secara massal dari Mekah ke kota tenda Mina yang luas, apakah dengan berjalan kaki di sepanjang jalur peziarah atau dengan bus dan mobil. Ini adalah perjalanan 8 km. Para peziarah akan menghabiskan hari di Mina, hanya berangkat keesokan paginya subuh. Sebagian besar waktu di Mina dihabiskan dalam doa dan mengingat Allah.

Apa Saja Panduan Penting Mengikuti Haji yang harus Anda Ketahui?

Hari 2

Habiskan hari di Arafat

Hari Arafat dianggap sebagai salah satu hari yang paling penting, bukan hanya untuk haji, tetapi juga untuk kalender Islam. Gunung Rahmat di Arafah  adalah tempat khotbah terakhir Nabi Muhammad. Setelah menempuh perjalanan 14,4 km dari Mina, para peziarah menghabiskan hari di sini dalam doa yang penuh hormat. Di tempat lain di dunia, banyak Muslim memilih untuk berpuasa pada hari ini.

Kumpulkan kerikil di Muzdalifah

Setelah matahari terbenam, saatnya untuk bergerak lagi, kali ini ke Muzdalifah perjalanan 9 km di mana mereka menghabiskan malam di bawah bintang-bintang. Banyak juga akan mulai mengumpulkan kerikil di sini untuk upacara besok, berangkat lagi tepat sebelum matahari terbit.

Hari 3

Lempar Batu ke Pilar

Bagi mereka yang melakukan haji, hari itu dikenal sebagai yawm-ul hajj al-akbar (Hari haji besar) dan mungkin merupakan hari haji terpanjang, dan yang paling berbahaya. Tanggal 10 Haji-Hijjah adalah Idul Adha.

Hari yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai yang terbesar dari dua hari libur Muslim. Peziarah memulai hari di Muzdalifah dan mulai kembali ke Mina sebelum fajar. Setelah di Mina, mereka melakukan rami pertama, melempar tujuh kerikil di tiga kolom terbesar yang dikenal sebagai Jamarat.

Hari 4 dan 5

Hari-hari terakhir di Mina

Pada setiap hari, mereka sekali lagi akan secara simbolis melempari iblis kali ini melemparkan tujuh kerikil pada masing-masing dari tiga pilar. Dengan bagian tersulit di belakang mereka, para peziarah sekarang akan menghabiskan dua atau tiga hari berikutnya di Mina. Ketika waktu mereka di Mina selesai, para peziarah kembali ke Mekah untuk melakukan sirkulasi akhir Ka’bah, sebuah tawaf “perpisahan”. Untuk informasi lebih jelasnya Anda bisa kunjungi haji indramayu 2019.

Sebelum pulang, banyak juga yang pergi ke Madinah, kota tersuci kedua di Islam, tempat Nabi Muhammad dimakamkan bersama teman-teman terdekatnya. Mengunjungi Madinah, bukan bagian dari ziarah. Demikianlah Artikel tentang Panduan Penting Mengikuti Haji yang harus Anda Ketahui semoga bermanfaat. Baca juga informasi Umroh Indramayu.

News Feed