Peluncuran 50 Satelit Mini Bakal Menembus Lapisan Terluar Atmosfer Bumi

0

JATIMTECH – Sebuah tim ilmuwan internasional baru-baru ini berencana untuk meluncurkan 50 satelit mini yang disebut CubeSats ke admosfer Bumi. Lebih lanjut satelit mini ini beredar di admosfir Bumi tepatnya pada lapisan termosfer yang terletak di antara 200 sampai 380 kilometer di atas permukaan yang mana berguna untuk melindungi kita dari benturan benda lain diruang angkasa.

Kabarnya 50 satelit mini yang akan diluncurkan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melakukan misinya untuk mendata tentang bagaimana kondisi atmosfer diluar angkasa kita. Salah satu tim dari University of New South Wales ( UNSW ) di Australia menyatakan bahwa banyak ultraviolet dan radiasi X – ray dari matahari bertabrakan dengan Bumi yang menghasilkan aurora dan berpotensi bahaya yang dapat mempengaruhi jaringan listrik dan komunikasi.

CubeSats merupakan bagian dari sebuah proyek internasional yang disebut QB-50 yang melibatkan para peneliti dari 28 negara termasuk Eropa, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. CubeSats adalah satelit kecil berukuran sekitar 10 cm setiap sisi dan berat sekitar 1 kilogram.  Ini merupakan langkah yang menarik bagi Australia yang merupakan salah satu negara OECD tanpa badan antariksa. Tiga satelit Australia bernama UNSW – EC0, INSPIRE – 2w, dan SUSat yangmana UNSW- EC0 akan mempelajari komposisi atom termosfer, sementara INSPIRE – 2 sebuah proyek bersama antara Universitas Sydney dan Universitas Nasional Australia akan mengukur suhu elektron dan kepadatan plasma di wilayah tersebut sedangkan untuk SUSat sedang dibuat oleh University of Adelaide. Keren ya!

CubeSats rencananya akan beroperasi selama tiga sampai sembilan bulan dan dapat berlangsung sampai satu tahun yang mengorbit dalam wilayah kecil mempelajari ruang sebelum mengorbit kembali memasuki atmosfer dan terbakar yang dilansir dari Sciencealert, Rabu (17/08/2016).