Peminat BlackBerry 10 Makin Berkurang, Lebih Pilih Android dan iOS

0

JATIMTECH.com – OS buatan BlackBerry, BlackBerry 10 pertama kali dirilis pada tahun 2013 silam  dibundel dengan BlackBerry Z10.  Kala itu Blackberry  ingin menantang  dominasi Android dan iOS di dunia  mobile OS.

Namun ternyata harapan tidak sesuai dengan kenyataan, BlackBerry 10 kurang memikat para pengguna smartphone yang lebih dulu menggunakan Android maupun iOS.

Sebuah perusahaan analisis data, Gartner  merilis data sebaran OS BlackBerry 10. Mereka mengatakan kalau BlackBerry 10 hanya memiliki market share sebesar 0,0481 persen. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Android yang memiliki  market share sebesar 81,7%,  disusul iOS dengan 17,9%, dan Windows Phone sebesar 0,3% akhir tahun 2016.

Menanggapi hal ini biar BlackBerry pun ingin segera berbenah. Perusahaan asal Kanada ini dikabarkan akan meluncurkan smartphone BlackBerry dengan OS Android yang bernama BlackBerry Mercury.

BlackBerry Mercury ini  dikabarkan akan segera  penampakan wujudnya di acara Mobile World Congress 2017 yang digelar di Barcelona Spanyol akhir bulan Februari. Selain OS Android, smartphone BB ini dikabarkan akan memiliki keyboard qwerty khas BlackBerry.