Peneliti Menciptakan Cula Badak Buatan yang Bisa Melindungi Badak dari Kepunahan

0

Jatimtech.com – Para peneliti dari San Francisco, Amerika Serikat sedang mengembangkan cula badak buatan. Adalah Pembient yang tengah melakukan ujicoba penelitian terhadap cula badak buatan ini. Pembient merupakan perusahaan baru atau yang sering kita kenal dengan startup yang bergerak di bidang biotech. Seperti dilansir dari GizMag (9/7/2015), peneliti Pembient berusaha untuk menciptakan cula badak buatan dengan harapan agar perburuan cula badak asli semakin berkurang.

Badak merupakan hewan mamalia yang memiliki struktur kulit yang sangat kasar dan tebal. Hewan badak ini merupakan salah satu hewan langka di dunia. Badak hanya ada di dua benua saja, yaitu Afrika dan Asia. Namun populasi hewan langka ini semakin hari semakin sedikit. Berkurangnya populasi badak ini salah satunya dikarenakan banyaknya perburuan badak, baik di Afrika ataupun di Asia.

Indonesia adalah salah satu negara Asia yang memiliki hewan badak. Saking langkanya, pemerintah melarang bagi siapapun untuk memburu hewan ini. Di Indonesia, badak bercula banyak terdapat di Ujung Kulon. Satwa langka badak juga sering digunakan Indonesia sebagai simbol negara dalam beberapa ajang, seperti ajang olahraga dan lainnya.

Banyak orang yang percaya bahwa cula badak berguna dalam dunia pengobatan. Ini adalah salah satu faktor utama kenapa cula badak banyak yang memburu. Permasalahan ini juga terjadi di beberapa negara penghasil badak. Oleh karena itulah para penliti dari Pembient mengembangkan cula badak buatan. Untuk dapat menciptakan cula badak buatan, peneliti Pembient menggunakan teknologi biologi sintesis dan 3D printing. Mereka berharap jika cula badak buatan ini memiliki khasiat yang sama dengan cula badak asli, maka orang-orang akan berhenti memburu cula badak untuk alasan apapun.

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.