Jatimtech.com РJika kita berbicara tentang Cina, yang terpikir adalah produk ponsel tiruan atau yang biasa disebut replika. Namun tahukah Anda jika produksi ponsel palsu juga  merambah ke iPhone. Ya, ponsel produksi Amerika ini juga diproduksi di Cina. iPhone palsu tersebut telah lama diproduksi dan diedarkan ke beberapa negara. Tidak menutup kemungkinan juga iPhone palsu tersebut juga dijual di Indonesia. Mengingat Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar bagi ponsel Cina.

Dilansir dari The Wall Street Journal (27/7/2015), diberitakan bahwa polisi di Beijing, Cina beru saja menggerebek pabrik pembuat iPhone palsu. Penggerebekan polisi Cina atas beredarnya iPhone palsu ini adalah kesekian kalinya. Namun pabrik iPhone Cina yang kali ini adalah pabrik utamanya.

Menurut laporan, pabrik iPhone palsu Cina ini memiliki 6 jalur produksi tersembunyi. Pabrik iPhone replika ini juga memiliki ratusan karyawan yag tersebar di beberapa pabrik di Cina. Sebanyak puluhan ribu iPhone replika Made in Cina telah beredar di pasaran.

Kasus penggerebekan yang berakhir pada penutupan pabrik iPhone Cina ini membawa 9 orang tersangka. Hingga kemudian muncul dua tersangka utama yang menjadi dalang pembuatan iPhone palsu. Mereka adalah sepasang suami istri bernama Yu (43) dan istrinya Xie (40).

Sepasang suami istri pembuat iPhone buatan Cina ini mendapatkan lomponen iPhone palsu dari luar negeri, seperti motherboard iPhone, dll. Kemudian mereka menyewa ratusan pekerja untuk merakit iPhone.