Jatimtech.com – Awal tahun ini Xiaomi mengungkap smartphone flagship “terjangkau” mereka yang bernama Mi 4i. Dengan harga 2 jutaan, smartphone ini menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menikmati koneksi 4G, kamera 13MP, serta layar yang cemerlang.

Untuk lebih jelasnya, kali ini Jatimtech akan mereview Mi 4i mulai dari design, performance, hingga kelebihan dan kekurangan smartphone ini.

Design

Ketika membeli sebuah ponse, tentu design menjadi pertimbangan utama Anda. Mi 4i didesain begitu solid. Dengan layar 5 inci, smartphone ini cukup tipis (138.1 x 69.6 x 7.8 mm) dan ringan (130 g). Meskipun ketika digenggam smartphone ini kadang selip (berbahan polycarbonate), namun Anda bisa menambahkan chasing tambahan yang berbahan karet untuk mengatasinya.

Di bagian depan, Anda pasti langsung dibuat kagum dengan jernihnya layar Mi 4i yang memiliki ~441 ppi pixel density IPS LCD. Selain jernih, layar Mi 4i juga akan otomatis menyesuaikan kontras warna ketika berada di kondisi cahaya terang sekalipun atau lebih dikenal dengan istilah sunlight display.

Di bagian belakang, terdapat kamera beresolusi 13MP yang bersanding dengan dual LED Flash kuning dan putih yang akan menyeimbangkan hasil foto ketika berada di kondisi gelap cahaya. Lebih kebawah, speaker berukuran hampir setengah bodi dapat menunjang aktifitas mendengarkan musik Anda. Saat kami coba, speaker ini menghasilkan suara yang cukup jernih dan lantang.

Tombol power dan juga tombol volume up down terletak pada bagian samping kanan. Sangat memudahkan sekali digunakan dan terasa empuk. Terakhir di bagian sisi bawah, terdapat mic dan juga port usb yang dapat digunakan untuk mengisi baterai, mentransfer data, dan juga mendukung fitur USB OTG.

Performance

Mi 4i memiliki spesifikasi hardware yang cukup mumpuni mulai dari prosesor Qualcomm Snapdragon 615 Soc dengan 8 core 64 bit, GPU Adreno 405 yang lebih dari cukup untuk memainkan game-game berat, dan yang terakhir adalah RAM 2 GB.

Lalu bagaimana performa Mi 4i ketika dihadapkan ke aplikasi GeekBench?

Ketika di tes menggunakan aplikasi GeekBench, skor yang didapat Mi 4i tidak terlalu mengecewakan, memperoleh skor 30305. Dengan hasil ini, Mi 4i menempatkan dirinya sedikit di atas ponsel flagship HTC One, Redmi Note, serta Mi 2. Namun jika dibandingkan dengan ponsel flagship Samsung Galaxy S5 terlihat perbedaan yang begitu mencolok.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Mi 4i:

  • Mendukung dual-SIM
  • 5.0 inci1080p IPS capacitive touchscreen, 441ppi
  • Octa-core Cortex-A53 CPU (4x 1.7GHz plus 4x 1.0GHz), 2GB of RAM, Adreno 405 GPU;
  • Qualcomm Snapdragon 615 chipset
  • Kamera 13MP autofocus, dual-LED (dual-tone) flash; HDR, Panorama
  • [email protected], [email protected] video recording
  • 16GB of built-in storage
  • Cat. 4 LTE (150/50Mbps); Wi-Fi b/g/n; Bluetooth 4.1; GPS/GLONASS; FM radio; microUSB
  • Baterai berkapasitas 3,120 mAh
  • Android Lollipop 5.0.2 dengan MIUI v6.0

Kekurangan

Meskipun memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang murah namun beberapa aspek dikorbankan di Mi 4i. Diantaranya tidak tersedianya slot microSD tambahan. Xiaomi hanya membekalkan ponsel ini memori internal yaitu 16GB dan 32GB. Jika Anda gemar mendowload aplikasi-aplikasi berukuran besar seperti game HD dan yang lainnya, atau Anda menyimpan foto dan video di ponsel, maka Anda patut mempertimbangkan membeli smartphone ini.

Yang kedua tidak adanya fitur NFC (Near-Field Communication), teknologi transfer data yang menggunakan sistem  RFID (Radio Frequency Identification). NFC bisa Anda gunakan untuk bertransfer data dalam jarak dekat (4 inci), untuk saling bertukar data antar gadget atau perangkat lain yang mendukung. Ya, meskipun fitur ini agak asing, namun ponsel flagship saat ini sudah mengadopsi  teknologi ini, seperti Nexus dan juga iPhone 6 keatas.

Dan yang terakhir adalah baterai yang Non-removable, atau sering disebut baterai tanam. Meskipun dengan kapasitas yang tinggi 3100 mAh, namun baterai Mi 4i tidak bisa sesuka hati Anda ganti. Anda harus membawa ponsel ini ke tempat service untuk mengganti baterai Mi 4i.

Kesimpulan

Meskipun beberapa fitur ditiadakan seperti NFC, microSD, namun disisi lain Mi 4i juga memiliki keunggulan yang tidak bisa dikesampingkan. Sebut saja, layar 5 inci, kamera beresolusi 13MP, OS Android Lollipop, baterai 3100 dukungan koneksi 4G LTE Dual SIM, baterai 3100 mAh dan terakhir harga yang cukup terjangkau Rp 2,3 juta membuat smartphone ini menyandang “best value” di akhir tahun ini.