Berita terbaru dari dunia robotika kini menampilkan robot cheetah. Robot yang berbentuk seperti cheetah ini memiliki kemampuan yang hampir mirip dengan cheetah, yaitu kemampuan berlari dengan cepat. Seperti dilansir dari Gizmag, robot cheetah ini mampu berlari dengan kecepatan 16km/jam. Robot hewanini juga mampu melompat 13 kali, dengan ketinggian rintangan 33 cm.

Robot cheetah merupakan proyek dari peneliti MIT. Robot ini dilepas begitu saja di rumput halaman kampus. Mereka bukanlah robot yang terikat dengan rangkaian kabel. Melainkan, robot ini bisa dijalankan dengan sistem wireless. Dengan jumlah kaki menyerupai cheetah, robot ini diupgrade dengan sistem LIDAR dan alogaritma khusus. Sehingga, memungkinkan robot untuk mendeteksi dan melompati rintangan di jalan.

Pengembangan telah dilakukan oleh para peneliti selama bertahun-tahun untuk merealisasikan proyek robot cheetah ini. Para peneliti sepertinya ingin merefleksikan kemampuan hewan cheetah dalam sebuah robot. Seperti yang kita tahu, bahwa cheetah adalah hewan tercepat di muka bumi, mengalahkan hewan-hewan lainnya.

Pada awal pembuatannya, para peneliti melatih robot cheetah untuk dapat berjalan seperti hewan berkaki empat lainnya. Namun penerapan sistem LIDAR pesawat membuat robot ini dapat memetakan medan dengan teknologi laser. Dengan memadukannya bersama sistem alogaritma khusus, membuat robot cheetah mampu menentukan langkah robot berikutnya.

Penerapan sistem alogaritma pertama membuat robot mengidentifikasi hambatan yang akan datang, serta menentukan jarak yang akan ditempuh. Sedangkan sistem alogaritma kedua membuat robot cheetah menentukan posisi paling aman untuk melakukan lompatan.