Jatimtech.com – Robot biasanya sangat rentan terhadap air, karena pada tubuh robot terdapat komponen-komponen yang akan mudah rusak jika terkena air. Namun tidak dengan robot serangga yang satu ini. Robot serangga ini merupakan robot amfibi yang dapat beraktivitas di dua tempat. Dikatakan bahwa robot serangga ini dapat melompat di atas permukaan air, seperti yang dilansir dari Gizmag (31/7/2015).

Robot serangga yang hingga saat ini masih belum diberikan nama ini adalah hasil karya para ilmuwan dari Seoul National University (SNU) dan para ilmuwan dari Harvard University. Sebelum menciptakan robot serangga, para ilmuwan tersebut telah lama mempelajari bagaimana serangga strider air dapat melompat dari permukaan air. Hebatnya, serangga strider tersebut memiliki kekuatan lompat dan ketinggian lompatan yang sama saat melompat dari permukaan tanah.

Untuk dapat memahami mekanisme lompatan, para ilmuwan merekam sebuah video yang menangkap seekor serangga strider yang hendak melompat dari atas air. Di dalam video tersebut ilmuwan menemukan bahwa serangga air tersebut melakukan gerakan menyapu saat melompat. Gerakan menyapu inilah yang memberikan gaya maksimum lompatan. Kemudian gaya tersebut diaplikasikan pada robot serangga yang akan mereka ciptakan.

Setelah sempat beberapa kali menciptakan prototipe robot, akhirnya para ilmuwan mampu menemukan formula yang tepat untuk menciptakan robot serangga. Dengan meniru mekanisme ketapel, akhirnya para ilmuwan dapat menyelesaikan project robot serangga.