Anda yang menunggu kehadiran generasi ke-dua iPhone SE awal tahun ini nampaknya harus bersabar lagi. Pasalnya perilisan smartphone eknomis generasi ke-dua ini kemungkinan besar akan diundur. Menurut sumber yang beredar, produksi masal iPhone SE 2 baru akan dilakukan pada kuartal ke-dua yang untuk perusahaan Apple jatuh pada bulan Januari-Maret 2018. Sementara sumber lain mengatakan kalau iPhone SE 2 bakal masuk di pasaran sekitar Mei-Juni 2018.

Perangkat ekonomis milik Apple ini tentu saja ditunggu-tunggu oleh penggemar karena akan membawa serangkaian fitur baru meskipun sejatinya iPhone SE 2 masih memakai layar 4 inchi, sama seperti generasi sebelumnya. Fitur yang ditawarkan oleh generasi ke-dua ini antara lain sistem penginderaan 3 dimensi. Belum jelas apa yang dimaksud dengan teknologi ini. Namun banyak yang berspekulasi bahwa sistem penginderaan 3 dimensi ini erat kaitannya dengan kamera TrueDepth milik iPhone X.

Rumor lain terkait fitur yang akan diusung oleh iPhone SE yaitu chipsel A10 dimana bagian ini juga diterapkan di iPhone 7 dan 7 Plus. Untuk harga, iPhone generasi ekonomis ini akan dipatok sekitar $450 atau sekitar 6 juta rupiah.

Perlu diketahui, meskipun iPhone SE 2 digadang-gadang mirip iPhone X, namun tetap saja ada beberapa fitur yang berbeda. Dengan layar yang lebih kecil, dan harga yang jauh lebih terjangkau ada beberapa fitur premium iPhone X yang tidak bisa dimasukkan. Hanya saja iPhone seri ini lebih nyaman di genggaman. Selain perangkat ini, Apple dikabarkan akan merilis dua lagi perangkat iPhone terbaru. Semoga saja mereka juga memberikan harga yang lebih terjangkau.