Saat Malware Android Berkamuflase Menjadi Game Lawas Nintendo

0

Jatimtech.com – Android memang menjadi sistem operasi yang bisa melakukan apa saja. Platform ini bahkan memungkinkan penggunanya untuk bernostalgia memainkan game-game lawas Nintendo dengan menggunakan aplikasi khusus. Namun hati-hati, karena Android juga menjadi tempat bersarangnya aplikasi yang bisa membahayakan ponsel anda.

Menurut informasi yang dilansir dari Venture Beat (08/07/2015) ada sebuah malware Android bernama Gunpoder yang baru saja ditemukan oleh lembaga keamanan Palo Alto Network yang akan mencuri data penggunannya. Berbahayanya, game ini dibuat dengan menggunakan emulator open-source dari Nintendo Entertainment System dimana penciptanya membuat emulator ini menjadi aplikasi freemium yang akan mencuri data pengguna seperti kontak, lokasi dan berbagai informasi yang terdapat dalam perangkat.

Apa yang membuatnya lebih berbahaya adalah aplikasi Antivirus kebanyakan tak akan bisa mendeteksi malware Gunpoder karena malware ini menggunakan Airpush. Mengingat pembuat Gunpoder menambahkan fungsi pembayaran, software iklan dan fitur teks pada malware ini sehingga antivirus hanya akan mendeteksi Gunpoder sebagai adware, bukannya malware.

Malware Gunpoder sendiri sudah tersebar di berbagai toko aplikasi tidak resmi. Untuk menghindari aplikasi ini, pengguna disarankan untuk mengunduh aplikasi hanya melalui toko aplikasi resmi Android, Google Play Store.

Saat Malware Android Berkamuflase Menjadi Game Lawas Nintendo
Malware Android menjelma sebagai emulator NES

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published.